Badan Standardisasi Nasional
  • A
  • A

BSN Hadiri Pertemuan Tengah Tahun APMP 2024 di Filipina, Perkuat Pengakuan Internasional dan Jaringan Metrologi Regional

  • Senin, 01 Juli 2024
  • Humas BSN
  • 534 kali

Kedeputian Standar Nasional Satuan Ukuran (SNSU) Badan Standardisasi Nasional (BSN) turut serta dalam Pertemuan Tengah Tahun Asia Pacific Metrology Programme (APMP) 2024 yang diadakan pada tanggal 24 hingga 28 Juni 2024 di Pulau Panglao, Bohol, Filipina. Kegiatan ini merupakan bagian dari upaya BSN untuk meningkatkan pengakuan internasional atas kemampuan pengukuran dan kalibrasi Indonesia, yang menjadi fondasi penting dalam peningkatan mutu dan daya saing produk nasional di pasar global.

 

Delegasi dari BSN yang hadir dalam pertemuan ini adalah Direktur SNSU Termoelektrik dan Kimia BSN, Ghufron Zaid, serta Metrolog Ahli Madya Laboratorium SNSU Panjang BSN, Nurul Alfiyati. Kehadiran mereka menunjukkan komitmen Indonesia dalam memperkuat jaringan metrologi regional dan memastikan keikutsertaan aktif dalam berbagai program dan kegiatan APMP. Partisipasi di dalam pertemuan ini sangat penting bagi SNSU BSN yang bertanggung jawab sebagai pengelola standar nasional satuan ukuran, untuk berperan aktif dalam APMP demi memastikan keselarasan dan pengakuan internasional terhadap ketertelusuran pengukuran Indonesia.

 

Selama pertemuan, beberapa agenda utama yang dibahas antara lain adalah hasil pemantauan dan capaian kegiatan tahunan setiap Gugus Tugas (Task Force) pada APMP Developing Economies Committee (DEC), serta usulan program kegiatan yang diperlukan Indonesia untuk meningkatkan kemampuan pengukuran dan kalibrasi. Selain itu, dilaksanakan juga perundingan bilateral dengan negara anggota APMP lainnya guna memperluas peluang kerjasama sesuai dengan kepentingan nasional.

 

Pada pertemuan tersebut, SNSU BSN memastikan bahwa program kegiatan APMP DEC sejalan dengan kepentingan nasional, yaitu peningkatan kemampuan pengukuran Indonesia, peran aktif dalam kepemimpinan organisasi regional, dan pengakuan internasional yang memfasilitasi perdagangan global. Hal ini bertujuan untuk membangun jejaring antar pengelola standar nasional satuan ukuran di seluruh dunia, memperluas dan meningkatkan kemampuan pengukuran dan kalibrasi, serta mendapatkan pengakuan internasional atas hasil pengukuran Indonesia.

 

Partisipasi aktif Indonesia dalam APMP sejak tahun 1980 hingga kini menunjukkan komitmen yang kuat dalam meningkatkan mutu dan daya saing produk nasional di pasar global. Sebagai anggota APMP, SNSU BSN diharapkan dapat terus berkontribusi dalam upaya pengembangan dan pemeliharaan standar nasional satuan ukuran yang diakui secara internasional, serta memperkuat peran Indonesia di kancah metrologi global. (dnh)