Badan Standardisasi Nasional
  • A
  • A

Gunakan SNI dalam Pembelajaran, SMK- SMAK Bogor Terus Tingkatkan Literasi SPK

  • Jumat, 05 Juli 2024
  • Humas BSN
  • 726 kali

Badan Standardisasi Nasional (BSN) melalui Pusat Data dan Informasi kembali melaksanakan kegiatan Literasi Informasi Standardisasi dan Penilaian Kesesuaian (SPK) ke kalangan pelajar di Kantor BSN, Jakarta, pada Jum’at (5/07/2024).

Dalam kesempatan tersebut, Ketua Tim Layanan Informasi dan Perpustakaan BSN, Minanuddin menyambut baik inisiatif Sekolah Menengah Kejuruan – Sekolah Menengah Analis Kimia Bogor (SMK – SMAK Bogor) untuk meningkatkan literasi mengenai SPK. "Kami sangat senang menerima kunjungan ini yang menunjukkan kesadaran pentingnya pemahaman dunia SPK, serta manfaat untuk bekal masa depan bagi siswa-siswinya," ungkapnya.

Minanuddin melanjutkan, BSN menyambut baik rencana inisiatif SNI Corner SMK – SMAK Bogor. Tingginya literasi di sekolah tersebut, dibuktikan dengan penggunaan SNI dalam pembelajaran sehari-hari, termasuk penyusunan laporan tugas akhir seluruh siswa.

Kepala Perpustakaan Khazanah Analitika SMK – SMAK Bogor, Nurwulan Sari menyampaikan, “Kami sangat antusias untuk terus berkoordinasi dengan BSN guna memaksimalkan layanan informasi SPK untuk memberikan dampak positif dalam kegiatan belajar mengajar sekaligus memperluas wawasan para siswa termasuk bekal dalam berkarir di masa yang akan datang, melalui penggunaan SNI di dalam kegiatan belajar mengajar.”

Senada dengan hal tersebut, Niko sebagai salah satu Duta Literasi menyampaikan, “Jurusan kami, bidang Kimia Analisis banyak menggunakan SNI diantaranya SNI 2973:2022 Biskuit; SNI 1842:2022 Pembersih lantai cair; serta SNI 3543.1:2013 Kecap kedelai – Bagian 1: Manis guna menguji dalam penelitian dan pembuatan inovasi produk sekolah kami.”

Kegiatan ini dihadiri oleh 32 siswa yang merupakan Duta Literasi yang bertanggung jawab mendiseminasikan segala informasi yang didapat, termasuk SPK bagi lingkungan sekitarnya.

Acara yang berlangsung secara interaktif ini, dipandu oleh Penelaah Kebijakan Teknis BSN, Indra Saefudin serta Pustakawan Ahli Muda BSN, Nihayati yang menyampaikan materi berjudul Literasi dan Sumber Informasi SPK. BSN memfasilitasi tanya-jawab bagi publik terkait SPK melalui e-mail dokinfo@bsn.go.id atau nomer WhatsApp 081317761112. Melalui forum ini, besar harapannya generasi muda Indonesia dapat terus berpartisipasi di dalam meningkatkan literasi SPK termasuk menerapkannya di kegiatan sehari-hari. (PjA – Humas)

 

Galeri Foto: Gunakan SNI dalam Pembelajaran, SMK- SMAK Bogor Terus Tingkatkan Literasi SPK