Badan Standardisasi Nasional
  • A
  • A

SNSU BSN Pertahankan Kemampuan Kalibrasi dan Pengukuran Kelistrikan Diterima Internasional

  • Senin, 01 Juli 2024
  • Humas BSN
  • 876 kali

 

Dalam rangka mempertahankan ruang lingkup keberterimaan hasil kalibrasi dan pengukuran di tingkat regional (Asia Pasifik) dan internasional, Deputi Bidang Standar Nasional Satuan Ukuran (SNSU) Badan Standardisasi Nasional (BSN) menerima peer review untuk Laboratorium SNSU Kelistrikan yang dilaksanakan pada Rabu – Jumat, 26 – 28 Juni 2024 di Serpong, Tangerang Selatan.

Peer review dilaksanakan oleh Metrolog Ahli Utama lingkup Kelistrikan dari National Metrology Centre (NMC) Singapura, Dr. Jing Tao serta Asesor Komite Akreditasi Nasional (KAN) Agustinus Praba Drijarkara. Ruang lingkup yang ditinjau meliputi pemeliharaan keberterimaan untuk 2 (dua) lingkup tegangan AC dan 2 (dua) lingkup arus AC. Adapun Tim Laboratorium SNSU Kelistrikan yang menerima peer review dipimpin oleh Metrolog Ahli Madya BSN, Agah Faisal selaku Ketua Tim Kerja SNSU Kelistrikan.

Deputi Bidang SNSU BSN, Y. Kristianto Widiwardono dalam pembukaan peer review pada Rabu (26/6) menyampaikan bahwa kegiatan peer review ini penting dilakukan oleh SNSU BSN sebagai Lembaga Metrologi Nasional (National Metrology Institute/NMI) untuk Indonesia. Sebagai NMI, SNSU BSN bertanggung jawab terhadap keberterimaan internasional pada kemampuan kalibrasi dan pengukuran di Indonesia.

Peer review menjadi salah satu tahap yang harus dilakukan Laboratorium SNSU BSN sebagai NMI, untuk mendapatkan pengakuan CMC (Calibration and Measurement Capability/Kemampuan Kalibrasi dan Pengukuran) di tingkat internasional. Peer review harus dilakukan oleh ahli dari NMI negara lain yang diakui oleh forum organisasi metrologi Asia Pasifik (APMP). 

Hingga saat ini Laboratorium SNSU BSN telah memiliki total 151 CMC yang diakui oleh CIPM-MRA dalam Appendix C dan 390 CMC yang terakreditasi oleh Komite Akreditasi Nasional (KAN). Khusus untuk Laboratorium SNSU Kelistrikan, saat ini telah memiliki total 24 CMC yang diakui oleh CIPM-MRA Appendix C dan 27 CMC yang terakreditasi KAN.

Dengan memiliki CMC tersebut, Laboratorium SNSU membuktikan bahwa telah memenuhi standar internasional dalam kalibrasi dan pengukuran, serta ketertelusuran pengukurannya telah diakui secara global.

Hasil dari kegiatan peer review diharapkan dapat menjadi bahan peningkatan kualitas dan perbaikan berkelanjutan bagi Laboratorium SNSU Kelistrikan.

Sementara itu Dr. Jing Tao mengungkapkan bahwa peer review ini juga sekaligus menjadi kesempatan baginya dan Tim SNSU BSN untuk saling belajar dan bertukar pengalaman mengenai metrologi di bidang kelistrikan.(ria-humas)

 

Galeri foto : SNSU BSN Pertahankan Kemampuan Kalibrasi dan Pengukuran Kelistrikan Diterima Internasional