Badan Standardisasi Nasional
  • A
  • A

Kolaborasi BSN dan Akmet Tingkatkan Kualitas SDM Metrologi

  • Rabu, 11 September 2024
  • Humas BSN
  • 89 kali

Badan Standardisasi Nasional (BSN) terus berkomitmen mendukung peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM) bidang metrologi. Hal ini diwujudkan dengan kolaborasi bersama Akademi Metrologi dan Instrumentasi (Akmet) melalui Program Praktik Kerja Lapangan (PKL) bagi mahasiswa Program Studi D3 Metrologi dan Instrumentasi Angkatan Tahun 2022 di Deputi Bidang Standar Nasional Satuan Ukuran (SNSU).

“Program PKL ini telah berjalan sejak Juli dan akan berakhir pada Oktober di Laboratorium SNSU Massa. Para mahasiswa mendapat kesempatan untuk mempelajari pengukuran dan kalibrasi bidang massa dan turunannya,” ungkap Ketua Tim Kerja SNSU Massa BSN, Renanta Hayu Kresiani saat membuka kegiatan Monitoring dan Evaluasi (Monev) Program PKL Akmet pada Selasa (10/9/2024) di Gedung 420, SNSU BSN, Serpong Tangerang Selatan.

Hayu melanjutkan, BSN sangat mengapresiasi program PKL dari Akmet. Program ini merupakan langkah yang dapat menjadi jembatan bagi kebutuhan industri dan kualifikasi mahasiswa lulusan Akmet. Hayu menuturkan, BSN siap untuk menjalin kerja sama program-program lainnya dengan Akmet di bidang metrologi.

Tim Monev dari Akmet yang hadir dipimpin oleh Kepala Satuan Penjamin Mutu (SPM) Akmet, Gianto. Adapun kegiatan Monitoring dan Evaluasi Program PKL ini dilaksanakan untuk memastikan bahwa pelaksanaan PKL sesuai dengan rencana dan tujuan yang ditargetkan. Selain itu, untuk mendapatkan informasi mengenai problematika yang dijumpai di lapangan dan kesan umum pelaksanaan PKL oleh mahasiswa.

Gianto mengungkapkan bahwa PKL ini sangat tepat dilaksanakan di SNSU BSN. Hal ini karena kegiatan-kegiatan yang dilakukan mahasiswa di SNSU BSN, berkaitan dengan dengan pelajaran di kampus. Selain itu, mahasiswa dapat mempraktikkan pengukuran dan kalibrasi menggunakan standar maupun alat-alat yang lebih lengkap di SNSU BSN.

Gianto berharap, ke depan kolaborasi bersama ini tidak hanya kegiatan PKL tapi juga kegiatan penelitian dan pengembangan di bidang metrologi yang melibatkan akademisi Akmet.

Pada kesempatan ini, Tim Monev Akmet juga diajak untuk mengunjungi Laboratorium SNSU Massa untuk melihat langsung pengelolaan SNSU serta berdiskusi dengan para metrolog BSN di laboratorium tersebut.(ria-humas)