Badan Standardisasi Nasional
  • A
  • A

Laboratorium SNSU Kimia BSN Evaluasi Pengolahan Data UP Bersama Ahli NMIT

  • Kamis, 05 September 2024
  • Humas BSN
  • 76 kali


Tim Statistik Uji Profisiensi (UP) Laboratorium Standar Nasional Satuan Ukuran (SNSU) Kimia Badan Standardisasi Nasional (BSN) menyelenggarakan evaluasi dan pengolahan data peserta UP SNSU Kimia BSN 2024 di Gedung 1101 BSN, Kompleks Sains dan Teknologi B.J. Habibie, Serpong pada Selasa – Rabu, 3-4 September 2024. Evaluasi dilakukan dengan bimbingan dan konsultasi bersama Ahli dari National Metrology Institute Thailand (NIMT), yakni Dr. Sutthinun Taebunpakul, selaku Ketua Tim Inorganic Analysis Group NIMT.

Kegiatan ini merupakan implementasi kerja sama antara BSN dan Physikalisch-Technische Bundesanstalt (PTB – National Metrology Institute Germany) terkait proyek “Strengthening Quality Infrastructure Services for Environmental and Climate Monitoring in Indonesia”.

Dalam kegiatan ini, Metrolog Ahli Madya BSN, Christine Elishian selaku Koordinator Tim UP dan Statistik Laboratorium SNSU Kimia BSN, menyampaikan hasil pengukuran para peserta dalam skema UP IDNPT 15 untuk parameter unsur-unsur dalam air limbah. Pada kegiatan ini juga dilakukan diskusi teknis mengenai pengolahan data secara statistik berdasarkan ISO 13528 dengan pendampingan dan pembimbingan dari Dr. Sutthinun Taebunpakul.

Kegiatan ini dibuka oleh Sandra Imelda selaku konsultan Indonesia untuk proyek PTB dan ditutup oleh Direktur SNSU Termolektrik dan Kimia BSN, Ghufron Zaid. Kegiatan juga dihadiri oleh Tim Statistik UP SNSU Kimia antara lain Harry Budiman, Ayu Hindayani, dan Kukuh Prawita Satriaji, serta Tim Konsultan Proyek PTB untuk Indonesia Lusy Anggreini.(snsukimia/red:ria-humas)