Badan Standardisasi Nasional
  • A
  • A

Tingkatkan Kompetensi Personil Lab SNSU Panjang Melalui Pelatihan Geodetic Measuring Practice

  • Jumat, 10 November 2023
  • Humas BSN
  • 644 kali

 

Untuk meningkatkan kompetensi personil Laboratorium Standar Nasional Satuan Ukuran (SNSU) Panjang di bidang kalibrasi lingkup geodetik, Kedeputian Bidang SNSU Badan Standardisasi Nasional (BSN) menyelenggarakan Pelatihan “Geodetic Measuring Practice” pada Senin – Selasa, 6 – 14 November 2023 di Gedung 420 SNSU BSN, Tangerang Selatan.

Pelatihan yang diikuti seluruh personil Laboratorium SNSU Panjang ini merupakan tindak lanjut Project ARISE+, yaitu kolaborasi antara Kedeputian Bidang SNSU, ARISE+ serta PT Mutu Internasional untuk memperkuat SNSU di Indonesia, khususnya dalam memberikan layanan kalibrasi. Kali ini, pelatihan diberikan oleh Expert (Pakar) dari National Metrology Institute of South Africa (NMISA), Mr. Oelof Kruger.

Ketua Tim Kerja SNSU Panjang BSN Nurlathifah dalam pembukaan pelatihan pada Senin (6/11/2023) mengatakan bahwa adanya permintaan layanan kalibrasi lingkup geodetik, maka Lab SNSU Panjang merencanakan untuk membuka layanan tersebut, khususnya untuk alat ukur Electronic Distance Measurement (EDM).

 “Untuk membuka layanan tersebut, maka diperlukan adanya pemahaman terhadap teori kalibrasi EDM termasuk perhitungan budget ketidakpastian pengukuran, sehingga Lab SNSU Panjang mengadakan pelatihan Geodetic Measuring Practice,” ujar Nurlathifah. Pelatihan kali ini merupakan kelanjutan dari pelatihan secara on line, yang berisi materi teori dan beberapa standar ISO untuk kalibrasi EDM yang dilaksanakan selama 2 minggu, yaitu pada tanggal 17 Oktober hingga 3 November 2023.

Dalam pelatihan ini personil Laboratorium SNSU Panjang juga mempraktikkan langsung pengukuran geodetik, khususnya untuk alat ukur level dan EDM, termasuk menyusun prosedur dan budget ketidakpastiannya.

Harapannya, setelah pelatihan ini, Laboratorium SNSU Panjang dapat membuka layanan kalibrasi kepada publik, khususnya untuk lingkup EDM. “Hal ini dibutuhkan untuk memfasilitasi ketertelusuran pengukuran lingkup EDM di Indonesia,” pungkas Nurlathifah.(ria/foto-awg)

 

 

 Galeri Foto:

Tingkatkan Kompetensi Personil Lab SNSU Panjang Melalui Pelatihan Geodetic Measuring Practice

 




­