Badan Standardisasi Nasional
  • A
  • A

Siapkan Infrastruktur Mutu, BSN – BSIP NTB Perkuat Standardisasi di Provinsi NTB

  • Rabu, 08 Mei 2024
  • Humas BSN
  • 891 kali

Guna mendukung pengembangan layanan Standardisasi dan Penilaian Kesesuaian (SPK) di Indonesia, Badan Standardisasi Nasional (BSN) secara konsisten bersinergi juga berkolaborasi dengan Stakeholder, termasuk dengan Badan Standardisasi Instrumen Pertanian (BSIP) Nusa Tenggara Barat (NTB).

“Pengembangan Lembaga Penilaian Kesesuaian (LPK), mendukung BSIP NTB untuk memperkuat Infrastruktur Mutu di Provinsi NTB. Keuntungan dengan keberadaaan LPK di wilayah ini dapat menekan biaya proses sertifikasi Standar Nasional Indonesia (SNI), karena para pelaku usaha tidak lagi perlu ke luar daerah NTB untuk proses pengujian produknya,” ungkap Deputi Bidang Penerapan Standar dan Penilaian Kesesuaian BSN, Zakiyah saat beraudiensi dengan Kepala BSIP NTB, Awaludin Hipi, pada Kamis (2/5/2024) di Kantor BSIP NTB, Lombok Barat - Nusa Tenggara Barat.

Diketahui Laboratorium Pengujian BSIP NTB sudah terakreditasi oleh Komite Akreditasi Nasional (KAN) sejak tahun 2008 untuk ruang lingkup Tanah; Pupuk NPK Padat; Pupuk Urea; Pupuk SP 36; Pupuk Amonium Sulfat; Pupuk Fosfat Alam untuk Pertanian; Pupuk Organik; serta Jaringan Tanaman.

Berkenaan dengan pengembangan LPK di lingkup benih, Awaludin Hipi mengutarakan perlu adanya kerja sama antara BSN dengan BSIP NTB melalui pembinaan untuk pengembangan Lembaga Sertifikasi Produk (LSPro) BSIP NTB.

“Dengan berdirinya LSPro BSIP NTB diharapkan akan semakin memudahkan pelaku usaha di NTB untuk memperoleh sertifikasi SNI, secara khusus terkait produk dalam ruang lingkup benih,” ungkapya.

Pendirian LSPro BSIP NTB, sambungnya, merupakan salah satu upaya percepatan dari program Kementerian Pertanian Republik Indonesia di dalam penyediaan benih yang berstandar serta bermutu. Sekaligus, membantu program percepatan untuk penanganan kondisi darurat pangan di Indonesia.

Dengan adanya perluasan layanan SPK hingga NTB, diharapkan dapat membuka aksesibilitas terhadap layanan standardisasi bagi pelaku usaha lokal, mempermudah fasilitasi proses sertifikasi produk juga menyediakan konsultasi teknis bagi pelaku usaha. Langkah ini diharapkan akan menjadi tonggak penting dalam pengembangan ekonomi daerah selaras dengan peningkatan mutu produk-produk yang dihasilkan, termasuk benih bermutu. (PjA – Humas)

 

Galeri Foto: Siapkan Infrastruktur Mutu, BSN – BSIP NTB Perkuat Standardisasi di Provinsi NTB