Badan Standardisasi Nasional
  • A
  • A

SNSU BSN Bahas Potensi Kerja Sama dengan Agencia de Desenvolvimento Nacional, Instituto Publico dari Timor Leste

  • Rabu, 15 Mei 2024
  • Humas BSN
  • 410 kali

Badan Standardisasi Nasional (BSN) melalui Deputi Bidang Standar Nasional Satuan Ukuran (SNSU) menerima kunjungan dari Agencia de Desenvolvimento Nacional, Instituto Publico (ADN, I.P.), dari Timor Leste pada Selasa (14/5/2024) di Gedung SNSU BSN, Tangerang Selatan. ADN, I.P. adalah institusi otonom pemerintah Timor Leste yang memiliki tugas dan tanggung jawab untuk melaksanakan pengendalian mutu terhadap semua proyek infrastruktur di Timor Leste yang dibiayai oleh anggaran negara.

Direktur SNSU Termoelektrik dan Kimia BSN, Ghufron Zaid menerima perwakilan ADN, I.P. yang dipimpin oleh Demistocles Cabral. Pertemuan ini membahas potensi kerja sama antara BSN dan ADN, I.P. dalam pengembangan kompetensi pengukuran laboratorium ADN I.P.

Ghufron dalam kesempatan ini menyampaikan bahwa hingga saat ini, Laboratorium SNSU BSN memiliki total 148 kemampuan kalibrasi dan pengukuran (CMCs) yang diakui internasional dan tercantum dalam Appendix C The CIPM Mutual Recognition Arrangement (CIPM-MRA).

Ghufron menambahkan, stakeholder yang memanfaatkan layanan kalibrasi dan pengukuran SNSU BSN diantaranya dari laboratorium kalibrasi dan pengujian, industri, institusi pemerintahan, dan lain-lain.

“SNSU BSN terbuka untuk menjalin kerja sama dengan ADN, I.P. Kerja sama dapat melingkupi layanan kalibrasi dan pengembangan kompetensi laboratorium,” ungkap Ghufron.

ADN, I.P. pun menyambut baik rencana kerja sama tersebut. Demistocles berharap kerja sama tersebut dapat segera direalisasikan bersama SNSU BSN.

Dalam menjalankan tugasnya, ADN, I.P. didukung oleh Laboratorium Teknik Sipil yang berfokus pada pengujian dan pengambilan sampel di lapangan serta pengujian di laboratorium.

Dalam kunjungan ini, ADN, I.P. juga melihat langsung pengelolaan SNSU, khususnya di Laboratorium SNSU Suhu dan Laboratorium SNSU Massa. Perwakilan ADN, I.P. sangat antusias dan aktif berdiskusi dengan para Metrolog BSN di laboratorium tersebut.(ria-humas).

Galeri foto : SNSU BSN Bahas Potensi Kerja Sama dengan Agencia de Desenvolvimento Nacional, Instituto Publico dari Timor Leste