Badan Standardisasi Nasional
  • A
  • A

Dukung Daya Saing Produk Unggulan Daerah, BSN Perluas Layanan Standardisasi hingga NTB

  • Rabu, 08 Mei 2024
  • Humas BSN
  • 889 kali

Guna mendukung pengembangan Standardisasi dan Penilaian Kesesuaian (SPK) di Indonesia, Badan Standardisasi Nasional (BSN) secara konsisten bersinergi serta berkolaborasi dengan stakeholder, termasuk dengan Pemerintah Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB). 

“Kami sangat mengapresiasi dukungan serta kerja sama yang diberikan oleh Pemerintah Kabupaten Lombok Tengah dalam rangka pelaksanaan program layanan SPK, guna mendukung produk unggulan daerah NTB agar semakin berdaya saing,” ungkap Deputi Bidang Penerapan Standar dan Penilaian Kesesuaian BSN, Zakiyah saat beraudiensi dengan Wakil Bupati Kabupaten Lombok Tengah, Muhammad Nursiah, pada Jum’at (3/5/2024) di Sentra Sarana Olahan Pangan Kabupaten Lombok Tengah, NTB.

Layanan SPK untuk meningkatkan daya saing produk unggulan daerah diantaranya adalah pembinaan Penerapan Standar Nasional Indonesia (SNI) kepada UMKM; fasilitasi Sertifikasi SNI; hingga fasilitasi perluasan pasar baik domestik maupun ekspor bagi UMKM, industri, serta organisasi.

“Koordinasi yang dilakukan BSN ini bertujuan untuk memastikan pelayanan standardisasi yang efisien juga merata, termasuk di Wilayah NTB,” pungkas Zakiyah.

Berkenaan dengan perluasan layanan SPK, Wakil Bupati Kabupaten Lombok Tengah, Muhammad Nursiah mengutarakan komitmen Pemerintah Kabupaten Lombok Tengah untuk mendukung penuh berbagai upaya yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas produk lokal serta meningkatkan kemampuan daya saing pelaku usaha daerah.

“Kabupaten Lombok Tengah memerlukan pembinaan standardisasi dari BSN kepada pelaku usaha seperti rumah sakit, Rumah Produksi Bersama Tapioka, dan Tenun,” terangnya.

Dengan adanya perluasan layanan SPK hingga NTB, diharapkan dapat membuka aksesibilitas terhadap layanan standardisasi bagi pelaku usaha lokal, mempermudah fasilitasi proses sertifikasi produk juga menyediakan konsultasi teknis bagi pelaku usaha. Langkah ini diharapkan akan menjadi tonggak penting dalam pengembangan ekonomi daerah selaras dengan peningkatan mutu produk-produk yang dihasilkan. (PPSPK/Red: PjA – Humas)

 

Galeri Foto: Dukung Daya Saing Produk Unggulan Daerah, BSN Perluas Layanan Standardisasi hingga NTB