Badan Standardisasi Nasional
  • A
  • A

BSN Hadirkan Layanan Informasi SNI di Inabuyer B2B2G Expo 2024

  • Rabu, 15 Mei 2024
  • Humas BSN
  • 560 kali

Badan Standardisasi Nasional (BSN) turut berpartisipasi dalam kegiatan Inabuyer B2B2G Expo 2024 pada 15-17 Mei 2024 di Gedung Smesco, Jakarta. Acara yang diselenggarakan oleh Kementerian Koperasi dan UKM bekerja sama dengan Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP) dan Himpunan Peritel dan Penyewa Pusat Perbelanjaan Indonesia (Hippindo) ini menghubungkan buyer dari sektor Kementerian/Lembaga, BUMN, dan Swasta dengan supplier yang memfasilitasi pertemuan bisnis, kolaborasi, dan kerja sama lantara kedua belah pihak.

Dalam kegiatan ini, BSN menghadirkan layanan informasi tentang Standardisasi dan Penilaian kesesuaian, termasuk konsultasi untuk penerapan Standar Nasional Indonesia (SNI) bagi para pelaku usaha agar bisa meningkatkan mutu dan juga daya saing produknya. Pengunjung bisa menggali lebih jauh informasi tentang penerapan SNI, mulai dari mengetahui persyaratan penerapan SNI hingga tahapan yang harus dilakukan untuk mendapatkan Surat Persetujuan Penggunaan Tanda (SPPT) SNI.

Bagi Usaha Mikro dan Kecil Menengah (UMKM) yang ingin menerapkan SNI, BSN juga memiliki program pembimbingan penerapan SNI secara gratis. Pelaku usaha dapat memanfaatkan program tersebut untuk mendapatkan fasilitasi pendampingan dalam penerapan SNI.

Dalam kesempatan ini, BSN juga menggandeng UMKM binaan BSN yang telah berhasil meraih SNI untuk memamerkan contoh produknya di Booth BSN. UMKM tersebut yaitu Roti Eyang (Roti manis), Cairo Food (Rempah-rempah), Yutaka Premium (Sarung tangan karet), Sambal Iboe Toetiek (Sambal), Cemplik (Pakaian dalam wanita), Haveltea (Teh), dan Tatuis (mukena).

Menteri Koperasi dan UKM, Teten Masduki dalam sambutannya melalui rekaman video, Rabu (15/5/2024), mengatakan penguatan rantai pasok menjadi elemen penting dalam ekosistem bisnis UMKM. Ia berharap para pelaku UMKM untuk memanfaatkan Inabuyer 2024 ini sebagai tempat untuk berjejaring dengan banyak pembeli dan entitas bisnis lainnya demi memperluas akses pasar dan rantai pasok.

Pameran Inabuyer B2B2G Expo 2024 dibuka secara simbolis oleh Deputi Bidang UKM Kementerian Koperasi dan UKM, Hanung Harimba Rachman; Wakil Menteri Perdagangan, Jerry Sambuaga; Sekretaris Utama Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP), Irwan Herniwan; serta Ketua Umum HIPPINDO, Budihardjo Iduansjah. (Tyo - Humas)

Galeri Foto: BSN Hadirkan Layanan Informasi SNI di Inabuyer B2B2G Expo 2024