Badan Standardisasi Nasional
  • A
  • A

1 Langkah Menuju Korea, 10 Tim Terbaik KSN 2024 Jalani Wawancara Terkait AI

  • Jumat, 10 Mei 2024
  • Humas BSN
  • 630 kali

Artificial Intelligence (AI) merupakan kecerdasan buatan yang ditambahkan kepada suatu sistem yang dapat diatur dalam konteks ilmiah atau dapat didefinisikan sebagai kecerdasan entitas ilmiah. Dengan pesatnya perkembangan teknologi, perkembangan AI tak bisa dinafikan karena memberikan kemudahan bagi manusia.

“Smart Home Appliance - Safety Requirement and Test Methods for Applied Artificial Intelligence” dipilih Badan Standardisasi Nasional (BSN) untuk menjadi tema Kompetisi Standardisasi Nasional (KSN) tingkat SMA/SMK Tahun 2024 karena saat ini teknologi berbasis AI mulai banyak dikembangkan di dunia, untuk itu standardisasi pada lingkup AI dirasa penting untuk melindungi masyarakat dan meningkatkan kenyamanan hidup.

67 dokumen draf standar dari 36 sekolah telah berpartisipasi dan dipilih 10 tim dengan dokumen draf standar terbaik yang lolos ke tahap wawancara yang diselenggarakan pada Rabu (08/05/2024) di Jakarta secara daring.

10 tim yang berhasil lolos ke tahap wawancara, diantaranya:

No.

Nama Sekolah

Nama Tim

1

MAN Insan Cendikia Gorontalo

ASPIRE

2

SMA Bina Tunas Bangsa

UDIN KUMAR TEAM

3

MAN Insan Cendikia Gorontalo

VELLIC

4

MAN Insan Cendikia Gorontalo

TIM ZEE-O

5

SMA Jubilee

ELAASE

6

SMK Telkom Malang

SAMSAN 2.0

7

SMAK St. Louis 1 Surabaya

GAROEDHA

8

SMA Bina Tunas Bangsa

LALILO TEAM

9

SMA Santa Maria 1 Bandung

SANMAR TIM 1

10

SMA Hellomotion

ENVISOIR

Deputi Bidang Standar Nasional Satuan Ukuran (SNSU) BSN, Y. Kristianto Widiwardono membuka agenda tahap wawancara KSN Tahun 2024 ini. Kristianto menjelaskan bahwa Kompetisi Standardisasi Nasional merupakan ajang yang setiap tahun sudah dilakukan di BSN untuk membangun generasi muda yang berdaya saing dan berjiwa kompetitif. “Memang kompetisi ini sesuatu yang menarik, karena dengan kompetisi, peserta akan mendalami materi sehingga ajang kompetisi ini tidak hanya diseminasi sampai pada awareness, tapi memang bisa lebih mendalam,” jelas Kristianto.

Kristianto menanggapi terkait tema KSN tahun ini bahwa teknologi berbasis AI berkembang dengan cukup cepat dan perlu didukung dengan standardisasi yang nantinya mampu melindungi masyarakat dan pada saat yang sama bisa meningkatkan daya saing. Dirinya juga mengenalkan bagaimana standardisasi, penilaian kesesuaian, dan metrologi saling berkaitan satu sama lain.

“Selamat berkompetisi. Semoga hasil kompetisi ini bermanfaat bagi kita semua, dan semoga nanti yang berhasil memenangkan kompetisi pada hari ini nanti bisa mencapai hasil yang lebih baik lagi di ajang internasional,” pungkas Kristianto memberikan semangat kepada seluruh peserta KSN Tahun 2024.

Selanjutnya, 10 tim terpilih masing-masing melakukan presentasi dan dilanjutkan dengan sesi tanya-jawab dengan para dewan juri. Dewan juri diantaranya adalah Wakil Rektor Institut Teknologi Tangerang Selatan (ITTS) dan juga pakar IT di Indonesia, Onno W. Purbo; Ketua Asosiasi Internet of Things Indonesia, Teguh Prasetya; Dosen Profesional Telkom University, Muhammad Imam Nashiruddin; Analis Standardisasi Ahli Madya BSN, Mayastria Yekttiningtyas; dan Kepala Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia Standardisasi dan Penilaian Kesesuaian (Pusbang SDM SPK) BSN, Arini Widyastuti.

Dari tahap wawancara ini ditentukan 5 tim pemenang KSN Tahun 2024, yaitu:

No.

Nama Sekolah / Nama Tim

Peringkat

1

MAN Insan Cendikia Gorontalo / ASPIRE

Juara 1

2

SMAK St. Louis 1 Surabaya / GAROEDHA

Juara 2

3

SMA Bina Tunas Bangsa / UDIN KUMAR TEAM

Juara 3

4

SMK Telkom Malang / SAMSAN 2.0

Juara Harapan 1

5

SMA Bina Tunas Bangsa / LALILO TEAM

Juara Harapan 2

Pemenang juara 1 dan juara 2 akan mewakili Indonesia dalam ajang 19th International Standards Olympiad 2024 yang diselenggarakan oleh Korean Standards Association (KSA) pada bulan Agustus 2024.

Pengumuman selengkapnya juga dapat disaksikan di media sosial dan website BSN serta di https://kompetisi-standar.bsn.go.id. (ian-humas)

 

Galeri foto: 1 Langkah Menuju Korea, 10 Tim Terbaik KSN 2024 Jalani Wawancara Terkait AI