Badan Standardisasi Nasional
  • A
  • A

Kepala BSN Hadiri Peresmian IDTH, Pusat Pengujian Perangkat Digital Terbesar di Asia Tenggara

  • Rabu, 08 Mei 2024
  • Humas BSN
  • 684 kali

Kepala Badan Standardisasi Nasional (BSN), Kukuh S. Achmad menghadiri peresmian Indonesia Digital Test House (IDTH) Balai Besar Pengujian Perangkat Telekomunikasi (BBPPT) yang diresmikan oleh Presiden Joko Widodo di Tapos, Depok, Jawa Barat pada Selasa (7/5/2024). Presiden menyampaikan, IDTH menjadi pusat pengujian perangkat digital terlengkap dan terbesar di Asia Tenggara dan berstandar internasional.

“Pengujian perangkat ini memiliki peran yang sangat krusial. Seluruh perangkat digital diuji di tempat ini untuk memastikan standar keamanan, memastikan standar kesehatan dan standar untuk keselamatan pengguna perangkat-perangkat digital ini dapat terpenuhi,” ungkap Presiden Joko Widodo.

Menteri Komunikasi dan Informatika (Kominfo), Budi Arie Setiadi dalam kegiatan tersebut mengungkapkan, IDTH merupakan transformasi dari Balai Besar Pengujian Perangkat Telekomunikasi, Direktorat Jenderal Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika, Kementerian Komunikasi dan Informatika. Saat ini IDTH mampu menjadi pusat pengujian perangkat digital terlengkap dan terbesar di Asia Tenggara dan berstandar internasional.

Menkominfo menyampaikan, IDTH telah dilengkapi dengan berbagai fasilitas canggih untuk menguji fitur-fitur perangkat digital seperti fitur telekomunikasi Radio frekuensi, Electromagnetic compatibility, Electrical safety, dan Specific Absorption Rate (SAR).

“Perangkat yang diuji diantaranya Laptop, Ponsel, Bluetooth, Access Point, Televisi Digital, Handy Talkie, dan juga Radar,” jelas Menkominfo.

IDTH BBPPT telah menerapkan Standar Nasional Indonesia (SNI), yaitu SNI ISO/IEC 17025 dan telah terakreditasi oleh Komite Akreditasi Nasional (KAN) sebagai laboratorium pengujian dan laboratorium kalibrasi. Selain itu, IDTH BBPPT ini juga terakreditasi sebagai Penyelenggara Uji Profisiensi sesuai SNI ISO/IEC 17043. Hal ini diungkapkan Kepala BSN, Kukuh S. Achmad selepas acara peresmian.

“Peran BSN dalam memastikan dan memelihara kompetensi laboratorium ini adalah melalui Komite Akreditasi Nasional (KAN) yang memberikan pengakuan kepada BBPPT melalui proses akreditasi untuk memastikan bahwa BBPPT ini memenuhi standar internasional sebagai sebuah laboratorium pengujian berdasarkan SNI ISO/IEC 17025,” jelas Kukuh.

“Saya rasa peran dari BBPPT ini setelah memenuhi standar internasional melalui BSN tentu saja sangat penting di dalam memastikan keamanan dan keselamatan pengguna perangkat telekomunikasi di Indonesia,” pungkas Kukuh. 

Dalam kesempatan ini, Kepala BSN hadir didampingi oleh Direktur Akreditasi Laboratorium BSN, Agustinus Praba Drijarkara. Acara peresmian ini turut dihadiri Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Indonesia, Hadi Tjahjanto; Kepala Staf Kepresidenan Republik Indonesia, Moeldoko; Pj Gubernur Jawa Barat, Bey Machmudin; Wali Kota Depok, Mohammad Idris; Kepala Badan Riset dan Inovasi Nasional, Laksana Tri Handoko; dan juga Kepala Badan Siber dan Sandi Negara, Hinsa Siburian. (tyo-humas)

 

Galeri Foto: Kepala BSN Hadiri Peresmian IDTH, Pusat Pengujian Perangkat Digital Terbesar di Asia Tenggara