Badan Standardisasi Nasional
  • A
  • A

Wamendag Sidak Barang Tanpa SNI

  • Kamis, 23 Februari 2012
  • 1034 kali
Kliping Berita
    
Surabaya – Kunjungan Wakil Menteri Perdagangan Bayu Krisna Murthi di Pasar Genteng membuat suasana pasar lebih riuh dari biasanya. Kedatangannya kali ini dikarenakan banyaknya peredaran barang tanpa kelengkapan standar nasional Indonesia (SNI). Karenanya, kunjungan tak hanya ke pasar-pasar tapi juga dilakukan dikompleks pergudangan romokalisari.

Selain itu, Wamendag juga memantau makanan yang mengandung zat berbahaya. Tak heran bila dalam sidak, kemarin, Bayu Krisna Murti didampingi Budi Setiawan, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Jatim dan Endang Pujiwati Kepala Balai Besar Pengawasan Obat dan Makanan (BB POM) di Surabaya.

Saat berada di Pasar Genteng, Bayu Krisnamurthi, tidak hanya melihat barang barang makanan yang dijual tetapi juga membelinya. Target pertama sidak Wamen dilakukan di Pasar Genteng. Beberapa barang yang dibeli Wamendag antara lain permen, mie, manisan buah, dan tahu.

Hanya barang barang tersebut tak dikonsumsi oleh Bayu Krisnamurthi tetapi dites melalui seperangkat alat tes cepat yang ada di mobil milik BBPOM. Mobil ini memang diikutkan dalam sidak tersebut. “Pengetesan ini dilakukan untuk menghindarkan konsumen agar tidak tertipu bahan makanan berbahaya,” ujar salah satu staf Disperindag Jatim.

Sementara untuk sidak yang dilakukan di kawasan Pergudangan Romokalisari bertujuan untuk memantau besi besi yang diperjualbelikan apakah sudah mengantongi SNI atau belum.ov

Sumber: www.surabayapagi.com /Kamis, 23 Feb 2012
Link: http://www.surabayapagi.com/index.php?3b1ca0a43b79bdfd9f9305b812982962b2acb0c0f4871e57c46038980f179d93




­