Badan Standardisasi Nasional
  • A
  • A

BSN Gandeng Perpustakaan UMMI Sosialisasikan SPK

  • Rabu, 15 Mei 2024
  • Humas BSN
  • 257 kali

Badan Standardisasi Nasional (BSN) bersama dengan Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Sukabumi (UMMI) melalui SNI Cornernya menggelar knowledge sharing dan diskusi di Auditorium UMMI, Sukabumi, Rabu (15/5/2024). Kegiatan yang bertemakan Standardisasi dan Penilaian Kesesuaian dalam Dunia Pendidikan dan Bisnis ini diikuti 67 peserta dari perwakilan Ikatan Wanita Pengusaha Indonesia (IWPI), pelaku usaha UMK, pengelola perpustakan dan civitas akademisi UMMI.

Dalam kesempatan tersebut, Kepala Pusat Data dan Informasi BSN, Zul Amri mengenalkan konsep standardisasi, metrologi dan penilaian kesesuaian. Standar Nasional Indonesia (SNI) bermanfaat untuk menjamin keamanan produk, baik produksi industri maupun UKM, serta untuk meningkatkan daya saing. Zul juga menjelaskan mengenai perdagangan di dunia, seperti proses notifikasi ke WTO dan konsensus international.

Turut hadir pula Rektor UMMI, Reny Sukmawani sebagai keynote speaker sekaligus membuka acara dan mengungkapkan bahwa kerjasama antara BSN dengan UMMI perlu dilanjutkan dengan pendampingan kepada masyarakat untuk memperoleh materi standar sampai ke proses sertifikasi SNI.

Sementara itu, Kepala Perpustakaan UMMI, Yanti Sundari berharap kegiatan ini dapat memperkuat kerjasama BSN dan UMMI untuk mendukung perluasan akses informasi standardisasi kepada masyarakat. Narasumber dalam knowledge sharing adalah Pustakawan Ahlli Madya BSN, Minanuddin serta Pustakawan Muda BSN, Nihayati.

Pustakawan Ahlli Madya BSN, Minanuddin menjelaskan mengenai standar sebagai referensi dalam pendidikan dan bisnis, antara lain dokumen standar, pengembangan standar, lingkup standar, dan standar internasional, seperti ISO, IEC dan ASTM. Sementara itu, Pustakawan Muda BSN, Nihayati menjelaskan mengenai pemanfaatan sumber infomasi terintegrasi dalam portal layanan SNI Corner, antara lain layanan perpustakaan BSN, layanan baca standar SNI, layanan pemesanan online, dokumen SNI, direktori SNI, daftar regulasi teknis, direktori laboratorium dan lembaga sertikasi. Disesi akhir paparan Nihayati menyampaikan sebaran penerapan SNI Bina UMK dan pemanfaatan SNI Corner di UMMI sebagai tempat penelusuran dokumen standar.

Peserta menyambut antusias acara ini dengan memberikan beberapa pertanyaan kepada para pemapar, diantaranya standar keamanan pangan, penerapan standar di sekolah, punishment apabila tidak menerapkan standar dan cara bekerja sama dengan SNI Corner. Di akhir acara, moderator mengajak peserta untuk berkunjung ke Perpustakaan UMMI dengan memanfaatkan SNI Corner. (Nh/Red: Arf - Humas)