Badan Standardisasi Nasional
  • A
  • A

Berdayakan Generasi Muda, BSN Petakan Ketertelusuran Metrologi pada SNI

  • Jumat, 17 Mei 2024
  • Humas BSN
  • 761 kali

Standardisasi, penilaian kesesuaian, dan metrologi merupakan tiga pilar infrastruktur mutu nasional yang berperan penting dalam peningkatan daya saing produk nasional. Badan Standardisasi Nasional (BSN) sebagai lembaga pemerintah yang bertanggung jawab mengelola infrastruktur mutu di Indonesia, senantiasa berusaha untuk terus meningkatkan pengelolaan dan juga kualitas pelayanan dari tiga pilar tersebut.

Sekretaris Utama BSN, Donny Purnomo dalam kegiatan "Arahan untuk penugasan Coaching dan Mentoring 2024" pada Kamis (16/5/2024) di Auditorium Gedung 2 BSN, Tangerang Selatan mengatakan, peningkatan daya saing hanya dapat dicapai jika standardisasi bisa menjadi penguatan efisiensi sistem produksi nasional. Untuk mencapai hal tersebut, penguatan peran BSN dalam pengelolaan infrastruktur mutu nasional harus dilakukan, salah satunya dengan peningkatan kompetensi personel.

Donny menginginkan personel BSN untuk bisa menjadi individu yang profesional, sehingga dapat berkontribusi kepada lembaga untuk meningkatkan kontribusi negara di bidang mutu nasional.

Metrologi sebagai salah satu pilar infrastruktur mutu nasional, berperan penting dalam memastikan kepastian pengukuran yang mendukung penerapan Standar Nasional Indonesia (SNI). BSN melalui Deputi Standar Nasional Satuan Ukuran (SNSU) menjamin ketertelusuran pengukuran nasional ke Sistem Internasional.

Deputi Bidang SNSU BSN, Kristianto Widiwardono dalam kesempatan ini menyampaikan pentingnya peranan SNSU untuk mendukung peningkatan daya saing. Ia menyampaikan, dengan satuan ukuran yang terterlusur yang diacu dalam sebuah standar, akan mendukung keamanan dan kualitas dari produk yang dihasilkan.

Untuk mengetahui pemenuhan ketertelusuran pengukuran yang dibutuhkan dalam penerapan SNI, BSN saat ini tengah melakukan pemetaan Ketertelusuran Pengukuran Parameter Metrologis yang Dipersyaratkan dalam Dokumen SNI dengan mengerahkan generasi muda BSN, sekaligus untuk meningkatkan pemahaman dan kompetensi personel BSN tersebut.

Harapannya, dengan dilakukannya pemetaan ini, BSN akan bisa mengetahui kebutuhan ketertelusuran pengukuran yang ada dan bisa menjadi acuan dalam pengembangan maupun peningkatan kemampuan dalam pengelolaan SNSU.(tyo-humas)

 

Galeri Foto: Berdayakan Generasi Muda, BSN Petakan Ketertelusuran Metrologi pada SNI