Badan Standardisasi Nasional
  • A
  • A

SNI sebagai Kebutuhan Produk untuk Bersaing

  • Jumat, 02 Desember 2011
  • 856 kali
Kliping Berita

MedanBisnis – Medan. Negara maju selalu menerapkan standar dalam perindustrian dan perdagangan. Untuk mempermudah dan memperlancar perdagangan, standar digunakan sebagai acuan dalam satuan ukuran, kualitas, pengukuran dan pengelolaan lingkungan.

“Sebab dengan begitu kita bisa mengantisipasi produk luar negeri yang masuk ke Indonesia dengan selalu meningkatkan mutu segala produk dengan penerapan Standar Nasional Indonesia (SNI),” jelas Kepala Pusat Kerjasama Standarisasi-BSN, Erniningsih usai menjadi pembicara dalam acara sosialisasi bertemakan SNI Membangun Percaya Diri Bangsa di stasiun Deli TV, Rabu (30/11).

Penerapan SNI, sebutnya, sangat penting diketahui masyarakat. Sebab SNI tidak hanya harus dimiliki oleh jenis produk namun juga bagi metode uji, sistem mutu dan juga proses.

Saat ini, katanya, 7.000-an produk di seluruh Indonesia telah memiliki SNI. Bahkan hasil produk Usaha Kecil Menegah (UKM) juga telah memiliki sertifikasi sebanyak 60 produk baik makanan maupun minuman. “Begitu pentingnya SNI ini. Bahkan jauh hari sebelum penerapan SNI, Cina telah memantau serta mempelajari akan penerapan SNI. Ini yang harus kita cermati,” ungkapnya.

Anggota DPD-RI Parlindungan Purba yang juga Ketua APINDO Sumut menekankan agar pengurusan SNI dipermudah serta ada lembaga perwakilannya di Sumatera Utara. "Masyarakat dunia usaha kita tidak memahami bagaimana mengurus SNI. Bahkan kita harus ke Jakarta. Kita juga berharap pemerintah terus melakukan sosialisasi SNI ini," tegasnya.

Parlindungan juga meminta BSN untuk mengumumkan kepada masyarakat produk-produk apa saja yang telah bersertifikat SNI. “Dengan begitu masyarakat akan terlindungi dari segala produk yang diragukan kualitasnya,” jelas Parlindungan.

Sementara Direktur Bank Sumut, Gus Irawan menekankan supaya SNI menjadi kebutuhan bagi para pelaku usaha. "Apabila SNI ini menjadi suatu kebutuhan bagi pelaku usaha. Karena kalau tidak pelaku usaha akan kalah bersaing," tukasnya seraya menambahkan SNI merupakan tuntutan konsumen agar ada kepastian mengenai standar keamanan maupun lainnya yang diberikan produsen. (zainul abdi nasution)

Sumber : medanbisnis.com, Jumat 2 Desember 2011.
Link : http://www.medanbisnisdaily.com/news/read/2011/12/02/69498/sni_sebagai_kebutuhan_produk_untuk_bersaing/




­