Badan Standardisasi Nasional
  • A
  • A

Jelajah SNI Untuk Negeri

  • Kamis, 01 Desember 2011
  • 862 kali

Rabu, 30 November 2011

Starberita - Medan, Dengan semakin terbukanya pasar dunia akibat globalisasi, maka peran standart dan penilaian kesesuaian menjadi semakin penting untuk memfasilitasi perdagangan barang antar negara, baik di tingkat internasional, regional maupun secara bilateral.

Terkait hal ini, Indonesia telah menandatangani kesepakatan dibeberapa forum antara lain di forum ASEAN Free Trade Area, Asia Pasific Economic Coperation (APEC) dan Word Trade Organization (WTO). Konsekuensi dari penandatanganan kesepakatan tersebut adalah Indonesia terikat untuk melaksanakan pengaturan  perdagangan sesuai kesepakatan.


Penggunaan standar untuk menenangkan kompetisi sangat jelas terihat dengan adanya kurang lebih 270 perusahaan China yang berhasil mendapat Sertifikat produk penggunaan tanda (SPPT) SNI. Hal ini merupakan ancaman nyata bagi produsen Indonesia. Untuk itu, pemerintah melalui Badan Standarisasi Nasional (BSN) memiliki program Gerakan Nasional Penerapan (GENAP) SNI, yaitu sebagai sebuah upaya mengajak dan menumbuhkan budaya mengutamakan standar di masyarakat. Gerakan ini dicanangkan oleh wakil Presiden RI pada 9 Nov 2010. Untuk mengkampanyekan GENAP SNI, BSN melakukan kegiatan. "Jelajah SNI Untuk Negeri ini telah dilakukan di Kota Cirebon, Solo dan Surabaya (Wilayah Jawa), Manado dan Makassar (Wilayah Sulawesi) serta Bandar Lampung, Pekan Baru dan di Medan ini," ujar Erningsih Haryadi, yang merupakan Head Of Center Of Cooperation On Standardization.


Dalam Workshop penerapan SNI ISO 9001, yang diadakan di Bank Sumut Jalan Sei Serayu Medan Rabu (30/11) ini,  juga dihadiri oleh Zenilhar Direktur Pemasaran Bank Sumut, Ir Budi Rahardjo, MM Instruktur Pelatihan Bank Sumut, Mastan Wilayah Sumut dan Dinas Perindag Sumut. Erningsih mengatakan, bahwa pihaknya telah menerapkan 19 bidang/produk untuk di-SNI kan. "Mulai dari alat-alat pertanian, makanan, industri logam dan masih banyak lagi," ujarnya. (DON/YEZ)


sumber:http://www.starberita.com/index.php?option=com_content&view=article&id=41202:jelajah-sni-untuk-negeri-&catid=158:sosial&Itemid=391

diakses tanggal 1 Desember 2011 (Har)




­