Badan Standardisasi Nasional
  • A
  • A

Helm non SNI dan Angkot Berkaca Gelap Jadi Target Operasi Zebra

  • Senin, 28 November 2011
  • 927 kali
Kliping Berita

Baban Gandapurnama - detikBandung

Bandung - Pengendara tak memakai helm Standar Nasional Indonesia (SNI) dan angkot berkaca film gelap siap-siap kena tilang dalam Operasi Zebra Lodaya 2011 yang digelar di Kota Bandung. Tak hanya itu, polisi menindak juga beragam pelanggaran lalu lintas.

Kasatlantas Polrestabes Bandung AKBP Kemas Ahmad Yamin mengatakan kegiatan operasi tersebut targetnya pengguna kendaraan roda dua dan empat. "Sasaran dalam razia ini seperti kendaraan yang menggunakan knalpot bising. Selain itu pengendara dan penumpang yang tidak memakai helm berkualitas SNI," kata Yamin saat ditemui di Mapolrestabes Bandung, Senin (28/11/2011).

Ia menambahkan, langkah tindakan represif juga berlaku bagi pengendara yang tidak melengkapi surat-surat penting kendaraan, pengendara menggunakan telepon genggam saat berkendara, dan kendaraan yang tidak menyalakan lampu siang. Tindakan tegas juga disiapkan bagi kendaraan yang plat nomornya atau Tanda Nomor Kendaraan Bermotor (TNKB) menyalahi aturan.

"TNKB yang tidak sesuai spek tentu ditindak. Misalnya, nomor dan huruf kendaraan yang disatukan atau didempet sehingga membentuk suatu kata," ucap Yamin.

Ia menambahkan, kegiatan Operasi Zebra Lodaya 2011 ini mengincar pula kendaraan angkutan umum yang beroperasi di Kota Bandung. Penindakan dilakukan apabila masih ada angkot yang memasang kaca film gelap. Menurut Yamin, pelarangan mengunakan kaca film gelap itu untuk mencegah tindakan kriminal di dalam angkot.

"Maka itu, kami nanti bekerjasama dengan Dinas Perhubungan untuk menindak angkot-angkot tersebut. Kami juga berharap pemilik angkot segera mencabut kaca film gelap dan mengganti jadi terang. Aturannya pemasangan kaca film itu tak lebih dari 30 persen," tutur Yamin.

Operasi Zebra Lodaya 2011 yang digelar di Kota Bandung berlangsung mulai Senin (28/11/2011) hingga Minggu (11/12/2011). Jajaran Satlantas Polrestabes Bandung bakal bertindak represif terhadap pengendara roda dua dan empat yang terbukti melanggar tata tertib lalu lintas.

(bbn/ern)

Sumber : detik.com, Senin 28 November 2011.
Link : http://bandung.detik.com/read/2011/11/28/095010/1776880/486/helm-non-sni-dan-angkot-berkaca-gelap-jadi-target-operasi-zebra




­