Badan Standardisasi Nasional
  • A
  • A

Mokodongan: Syarat Mempunyai Daya Saing Yang Tinggi Adalah Kesadaran Terhadap SNI

  • Senin, 28 November 2011
  • 1147 kali
Kliping Berita

Manado – Masih kurangnya Kesadaran masyarakat menggunakan produk-produk Standar Nasional Indonesia (SNI) merupakan masalah yang berdampak pada mutu, serta kelemahan, peluang dan ancaman dalam pengembangan sistem mutu industri  merupakan tanggung jawab bersama antara pemerintah, industri dan konsumen, yang saat ini sudah harus memulai mengantisipasinya.

Hal tersebut masih terlihat dilapangan banyaknya masyarakat yang menggunakan produk-produk dibawah standar nasional misalnya helem, barang dan produk-produk pangan. Umumnya dibuat menggunakan bahan tambahan yang dilarang atau melebihi batas penggunaan.

merupakan pangan yang tercemar bahan kimia atau mikroba; pangan yang sudah kadaluwarsa; pangan yang tidak memenuhi standar mutu dan komposisi serta makanan impor yang tidak sesuai persyaratan merupakan masalah industri saat ini.

Menyingkapi hal tersebut Sekretaris Provinsi Sulut Ir. Siswa Rachmad Mokodongan yang ditemani Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Sanny J. Parengkuan mengatakan “untuk memberikan kesadarannya pencerahan kepada masyarakat betapa pentingnya didalam menggunakan produk-produk yang dihasilkan oleh industri olahan apakah itu makanan atau bahan-bahan lainnya itu harus memenuhi standar nasional. Sehinggah kita betul-betul menjadi masyarakat konsumen yang mempunyai kualitas, minimal kualitas yang sesuai dengan standar nasional itu.”

kesadaran ini menurut Mokodongan harus kita tularkan kepada seluruh masyarakat Sulawesi Utara “apa yang ingin kita capai dari standar ini karna memang masyarakat Sulawesi Utara ingin mempunyai daya saing yang tinggi. Salah satu syarat mempunyai daya saing yang tinggi adalah kesadaran terhadap standar nasional itu.”

Mokodongan mengharapkan mudah-mudahhan banyak kegiatan yang langsung buton up dari masyarakat seperti kegiatan masyarakat standar nasional ini dapat memberikan pencerahan dan itu dapat langsung dilaksanakan dan standar nasional indonesia di Sulawesi Utara itu berjalan dengan sukses. Ujarnya. (jrp)

Sumber : beritamanado.com, Senin 28 November 2011.
Link : http://beritamanado.com/politik-pemerintahan/mokodongan-syarat-mempunyai-daya-saing-yang-tinggi-adalah-kesadaran-terhadap-sni/65838/




­