Badan Standardisasi Nasional
  • A
  • A

Kampanyekan SNI, Halma Raksasa Ikut Dimainkan

  • Sabtu, 26 November 2011
  • 935 kali
SURABAYA | SURYA Online - Universitas Surabaya mengkampanyekan standar nasional Indonesia atau SNI dengan mengajak sekitar 100 pelajar SMA dan masyarakat dari Surabaya sekitarnya, untuk bermain halma dan monopoli berukuran raksasa yang berisi pembelajaran tentang SNI.

"Tidak hanya helm yang wajib berlogo SNI, tapi semua produk yang dihasilkan Indonesia  idealnya berlogo SNI, bahkan permainan anak-anak sekalipun," kata ketua panitia Drs Muhammad Rosiawan MT di Surabaya, Jumat (25/11/2011).

Oleh karena itu, Fakultas Teknik Industri (FTI) Ubaya yang mengaplikasikan SNI ke dalam permainan monopoli dan halma (galaxy) berukuran raksasa.

"Halma raksasa itu berukuran 14 x 14 meter, sedangkan monopoli raksasa itu berukuran 8 x 8 meter. Setiap permainan akan ada perintah yang berisi pembelajaran tentang SNI," paparnya.

Selain untuk memperingati Bulan Mutu Nasional, katanya, monopoli dan halma raksasa itu dimainkan sebagai sarana pembelajaran tentang SNI kepada siswa-siswa SMA dan masyarakat umum.

"Bagi mahasiswa Jurusan Teknik Industri, kegiatan monopoli dan halma galaxy yang dimainkan ratusan siswa SMA se-Surabaya, Gresik dan Sidoarjo itu merupakan ‘learning beyond the classroom' dari mata kuliah standarisasi," ucap dosen mata kuliah standarisasi FTI Ubaya itu.

Sebagian besar warga menahami produk berstandarisasi secara sempit, seperti pada helm atau selang tabung gas, padahal standarisasi digunakan juga mengidentifikasi proses produksi barang serta jasa tepat guna bagi konsumen.

"Standardisasi produk berguna juga untuk menjamin keamanan, keselamatan dan kesehatan bagi pemakainya (konsumen)," tuturnya, didampingi Media Relations Ubaya, Hayuning Purnama Dewi.

sumber: http://www.surya.co.id/2011/11/25/kampanyekan-sni-halma-raksasa-ikut-dimainkan
dikutip tanggal 26 Nopember 2011 (har)



­