Badan Standardisasi Nasional
  • A
  • A

Tahun Depan, Mobil Dinas Pemerintah Diminta Pakai BBG

  • Kamis, 24 November 2011
  • 734 kali
Kliping Berita

Herdaru Purnomo - detikFinance

Jakarta - Dalam rangka mengurangi konsumsi BBM yang cadangan semakin lama terus menurun. Badan Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (BP Migas) bakal meminta mobil dinas pemerintah untuk beralih dari BBM ke bahan bakar gas (BBG).

Hal ini disampaikan oleh Deputi Bidang Pengendalian Keuangan BP Migas Akhmad Syakhroza saat menghadiri seminar Meningkatkan Ekonomi Nasional Di Sektor Migas yang diadakan di Balai Kartini, Jakarta, Kamis (24/11/2011).

"Tahun 2012 BP Migas mendorong untuk pakai BBG, tahun depan untuk mobil antar kementerian," jelas Syakhroza.

Selain mobil dinas pemerintah, bus Transjakarta, lalu kendaraan milik perusahaan migas yang menjadi kontraktor kontrak kerja sama (KKKS) juga diminta untuk menggunakan BBG.

BP Migas akan menentukan standar (SNI) untuk produk gas di Indonesia, lalu nantinya akan disosialisasikan kepada masyarakat untuk penggunaannya. "Pokoknya go green ya sesuai tema BP Migas," imbuh Syakhroza.

Soal BBG, Wakil Menteri ESDM Widjajono Partowidagdo pernah mengatakan pemerintah mempunyai rencana untuk menggenjot penggunaan bahan bakar gas (BBG) untuk transportasi umum karena harganya lebih murah.

Dalam kesempatan tersebut, Syakhroza mengatakan perusahaan migas yang beroperasi di Indonesia sangat memerlukan dukungan pembiayaan dari perbankan.

"Kita harap perbankan mau bersinergi dengan BP Migas, bisa pembiayaan gas, minyak terhadap sektor industri kecil. Total yang akan diminta bentuk dukungan dari perbankan Rp 120 triliun untuk pengembangan barang dan jasa di sektor migas," jelasnya.


(dnl/hen)

Sumber : detik.com, Kamis 24 November 2011.
Link : http://finance.detik.com/read/2011/11/24/114718/1774628/1034/tahun-depan-mobil-dinas-pemerintah-diminta-pakai-bbg?f990101mainnews




­