Badan Standardisasi Nasional
  • A
  • A

Standardisasi Jadi Strategi Tingkatkan Daya Saing

  • Jumat, 25 Maret 2011
  • 911 kali
Kliping Berita

JAKARTA - Badan Standarisasi Nasional (BSN) mengungkapkan bila standardisasi merupakan salah satu strategi meningkatkan daya saing. Terutama di tengah era perdagangan bebas, produk barang dan jasa yang dihasilkan di dalam negeri dinilai dari kualitasnya.

Standardisasi sendiri menjadi instrumen bisnis yang sangat penting dalam perdagangan global dan instrumen ini harus dikuasai oleh setiap industri agar mampu bersaing di era global.

"Untuk itu, peran standar menjadi penting dalam meningkatkan kualitas produk," tukas Kepala BSN Bambang Setiadi, dalam paparannya, di Jakarta, Kamis (24/3/2011).

Seperti diketahui, perkembangan standardisasi di Indonesia menggeliat pasca pemberlakuan Peraturan Pemerintah Nomor 102 tahun 2000 tentang Standardisasi Nasional.

BSN pun sebagai lembaga pemerintah non kementerian berdasarkan Keputusan Presiden Nomor 103 tahun 2003 tentang tugas pokok mengembangkan dan membina kegiatan standardisasi Indonesia ditunjuk sebagai satu-satunya institusi pemerintah yang ditugaskan untuk mengembangkan SNI di Indonesia.

"Perjalanan sejarah standardisasi dan BSN tidak terlepas dari peran, inisiatif, dukungan, arahan Sehubungan dengan hal tersebut, mengingat pentingnya standardisasi di Indonesia untuk diketahui oleh masyarakat terutama masyarakat industri dan
organisasi lainnya," pungkasnya.(Windarto/Trust/ade)

Sumber : Okezone.com, Kamis 24 Maret 2011
Link : http://economy.okezone.com/read/2011/03/24/320/438629/standardisasi-jadi-strategi-tingkatkan-daya-saing




­