Badan Standardisasi Nasional
  • A
  • A

Helm SNI Palsu masih Beredar

  • Kamis, 10 Maret 2011
  • 1097 kali
        
Kliping Berita

Disperindag Sidak Toko Perlengkapan Motor

 
BOGOR-Helm yang tak memenuhi standar nasional Indonesia (SNI) ternyata masih banyak dijual di pasaran.

Setidaknya, itu terlihat dari hasil inspeksi mendadak (sidak) Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disperindag) Kota Bogor, kemarin.

Sidak dilakukan ke sejumlah toko perlengkapan motor yang tersebar di 16 titik antara lain Kedunghalang, Sukasari dan Pajajaran. Tim sidak yang terdiri dari perwakilan Disperindag dan Polres Bogor Kota itu, memeriksa beberapa helm berbagai merek.
 
Tim juga memberi pengarahan kepada pedagang agar tidak menerima produk helm dari distributor yang belum ber-SNI.

Dari hasil sidak, banyak ditemukan helm yang tak memenuhi kriteria SNI, khususnya helm anak-anak. Barang SNI palsu juga ditemukan pada helm dengan merek-merek ternama.

Di antara ciri helm SNI palsu, terlihat pada bagian pengait helm yang seharusnya terbuat dari besi. Atau, pada bagian pemasangan tali pengait yang berada di bagian telinga tersebut tidak menggunakan lempengan besi yang menguatkan dengan batok helm.

Kabid Perdagangan pada Disperindag Kota Bogor, Mangahit Sinaga, mengatakan, sidak dilakukan guna menyurvei peredaran helm yang belum ber-SNI di Kota Bogor. Sidak, kata dia, juga menjadi sarana sosialisasi kepada para pedagang mengenai pakem dari produk helm yang ber-SNI asli.
 
“Dalam sidak ini, kita juga membina para pedagang mengenai produk SNI palsu yang masih beredar di pasaran,” ungkap Mangahit, kepada Radar Bogor.

Sementara itu, salah satu pemilik toko helm, Ikhwanul, mengaku bila helm tak sesuai SNI yang ditemukan di tempatnya adalah produk lama yang belum terjual.
 
“Ini produk reject yang akansaya kembalikan ke distributor. Sedangkan, untuk merek-merek ternama yang tak sesuai kriteria SNI, stok lama yang tak terjual,” jelasnya.

Namun, ia tetap diingatkan untuk melaporkan distributor yang mengirim produk SNI palsu. Hal ini demi keselamatan para pengendara motor.(mia)

Sumber : radarbogor.co.id, Kamis 10 Maret 2011.
Link : http://radar-bogor.co.id/index.php?rbi=berita.detail&id=70385




­