Badan Standardisasi Nasional
  • A
  • A

Partisipasi Aktif BSN di ISO Annual Meeting 2024

  • Rabu, 18 September 2024
  • Humas BSN
  • 716 kali

 

Pada tanggal 9-13 September 2024 di Cartagena de Indias, Kolombia, telah dilaksanakan rangkaian kegiatan ISO Annual Meeting 2024 yang dihadiri oleh negara anggota serta pemangku kepentingan ISO. Direktur Sistem dan Harmonisasi Pengembangan Standar BSN, Triningsih Herlinawati dan Kepala Pusat Data dan Informasi BSN selaku Sekretaris PASC, Zul Amri serta Pranata Humas Ahli Pertama, Ike Permata Sari dari Badan Standardisasi Nasional (BSN) hadir dalam pertemuan dimaksud mewakili Delegasi Indonesia.

ISO Annual Meeting 2024 (ISO AM24) merupakan pertemuan puncak 172 negara anggota International Organization for Standardization (ISO) dalam membahas tren dan tantangan terkini dalam pengembangan maupun peran standar internasional untuk mencapai agenda global pembangunan berkelanjutan.

Rangkaian kegiatan ISO AM24 yaitu Sidang tahunan ISO General Assembly (GA), ISO Developing Countries Committee (DEVCO), dan Pacific Asia Standards Congress (PASC) Executive Committee Meeting, serta pertemuan-pertemuan tematik yang membahas isu-isu global.

Topik ISO General Assembly tahun ini antara lain peningkatan tata kelola dan model bisnis ISO untuk beradaptasi terhadap perubahan yang berdampak terhadap organisasi, serta meletakan pondasi yang kuat untuk mencapai keberhasilan organisasi ISO. Disampaikan dalam Sidang ke-46 ISO GA, sektor utama yang mendorong pertumbuhan ekonomi global dalam lima tahun ke depan menurut Chief Economist Outlook, May 2024, yaitu: teknologi informasi/komunikasi digital; energi rendah karbon; medis/perawatan kesehatan; rekreasi/perjalanan; dan teknik/konstruksi.

Sidang ke-58 ISO Committee on Developing Countries (ISO DEVCO) menghasilkan poin utama yaitu dimulainya proses penyusunan ISO Action Plan for Developing Countries (ISO APDC) 2026-2030 yang bertujuan memperkuat anggota ISO dari negara berkembang aktif berkontribusi membentuk masa depan sistem ISO.

Pada Sidang ke 46 ISO GA 2024 ini, terdapat proses pemilihan ISO President dan ISO Council dimana Mr Khaled dari  EOS/Mesir terpilih sebagai ISO President periode 2026-2028. Anggota ISO Council periode 2025-2027 terpilih NEN/Belanda dan SCC/Kanada (mewakili Grup 2); MOIAT/Uni Emirat Aran dan SABS/Afrika Selatan (mewakili Grup 3); dan ISS/Serbia (mewakili Grup 4).

BSN/Indonesia berkesempatan menjadi salah satu pembicara dalam sesi tematik yang diselenggarakan oleh ISO berkolaborasi dengan United Nations Industrial Development (UNIDO) bertemakan Partnership for Sustainable Development: Fostering Trust Through Standards and Quality. BSN merupakan salah satu beneficiary institution Project UNIDO Global Quality and Standards Programme (GQSP) Indonesia. Pada kesempatan ini, BSN/Indonesia menyampaikan peran standardisasi dalam aksi terhadap perubahan iklim terkait dengan ekonomi biru.

Selain itu diinformasikan kerjasama ISO dan United Nations Development Program (UNDP) meluncurkan ISO/UNDP PAS 53002:2024 ini berisi panduan praktis bagi organisasi berbagai ukuran dan sektor untuk secara sistematis mengelola dan mengoptimalkan dampaknya terhadap pembangunan berkelanjutan. Dokumen ini dapat diunduh gratis dari website ISO (https://www.iso.org/obp/ui/en/#iso:std:iso-undp:pas:53002:ed-1:v1:en).

ISO AM24 memberikan penghargaan kepada para pakar ISO/TC 309, technical committee on governance of organization melalui Lawrence D. Eicher (LDE) leadership Award. Penghargaan ini mengakui dedikasi ISO/TC 309 berperan penting dalam membentuk kerangka kerja yang mendorong transparansi, akuntabilitas, dan praktik beretika dalam organisasi di seluruh Dunia, serta memperkuat peran penting tatakelola di Dunia saat ini. Salah satu standar terkenal yang dikembangkan komite ini yaitu ISO 37001 Anti-bribery management system yang telah diadopsi menjadi Standar Nasional Indonesia (SNI) ISO 37001 maupun membahas terkait panduan Enviromental Social Governance (ESG)

Selain itu, Degasi RI juga mengikuti Sidang ke-77 Pacific Area Standards Congress Executive Committee (PASC EC) yang beriringan waktu dengan ISO AM. Sidang PASC antara lain dilakukan brainstorming diantara para pimpinan badan standardisasi anggota PASC untuk menyampaikan hasil kerja PASC , masukan untuk prioritas PASC 2025, PASC working groups, kolaborasi antara PASC dan Asia Pacific Cooperation Forum (APCF), perkembangan Pacific Islands Standards Committee (PISC) dan serta rencana pelaksanaan Annual General Meeting PASC tahun 2025.

Pada pertemuan Bilateral dengan American Standard Testing and Material (ASTM,  BSN diberi apresiasi atas kerja sama yang telah dilakukan mencapai 20 tahun lamanya. Harapan kedua belah pihak untuk melakukan kegiatan bersama terkait dengan pemahaman dan adopsi standar-standar ASTM, termasuk memanfaatkan program capacity building yang ditawarkan oleh ASTM untuk Indonesia.

Pertemuan dengan perwakilan ASEAN Members States menggarisbawahi perlunya lebih mempererat kolaborasi diantara negara ASEAN dalam forum standardisasi internasional, termasuk dalam hal satu suara memberikan masukan dalam ISO Action Plan for Developing Countries (ISO APDC) 2026-2030 yang saat ini sudah mulai penyusunannya.

Selama rangkaian kegiatan ISO Annual Meeting 2024 juga diselenggarakan sesi-sesi tematik terkait dengan sustainable and inclusive growth, responsable AI for all dan the future of human capital. ISO menyediakan sesi dialog dengan para pakar untuk meningkatkan pemahaman serta bagaimana standardisasi dan penilaian kesesuaian dapat menjadi solusi menghadapi tantangan-tantangan global. Sesi yang diselenggarakan secara hybrid direkam dan dapat diakses melalui link berikut: https://www.iso.org/annualmeeting/live#vod.

 

Galeri Foto: Partisipasi Aktif BSN di ISO Annual Meeting 2024