Badan Standardisasi Nasional
  • A
  • A

SNSU BSN Menerima Kunjungan UNIDO, BBP3KP, BUSKIPM dan BBSPJIA

  • Selasa, 17 September 2024
  • Humas BSN
  • 600 kali

Badan Standardisasi Nasional (BSN) melalui Deputi Bidang Standar Nasional Satuan Ukuran (SNSU) menerima kunjungan dari United Nations Industrial Development Organization (UNIDO) beserta Laboratorium Produsen Bahan Acuan Balai Besar Pengujian Penerapan Produk Kelautan dan Perikanan (BBP3KP), Balai Uji Standar Karantina Ikan, Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan (BUSKIPM), dan Balai Besar Standardisasi dan Pelayanan Jasa Industri Agro (BBSPJIA) pada Kamis (12/9/2024) di Laboratorium SNSU-BSN (Gedung 2 BSN), Gedung 1101, Kawasan Sains dan Teknologi BJ Habibie, Serpong, Tangerang Selatan.

Kunjungan ini dilakukan dalam rangka pengembangan ketiga laboratorium tersebut sebagai Produsen Bahan Acuan. Dalam kunjungan ini, perwakilan UNIDO, BBP3KP, BUSKIPM, dan BBSPJIA saling bertukar informasi dan pengetahuan terkait pengembangan dan pembuatan bahan acuan tersertifikasi/ certified reference material (CRM).

Perwakilan dari UNIDO dipimpin oleh Aniq Fadhillah didampingi Tim Pakar dari UNIDO yaitu Dr. Sunarya dan Prof. Endang. Sementara dari SNSU BSN diwakili Ketua Tim Kerja SNSU Kimia, Dyah Styarini beserta tim. Turut hadir perwakilan dari Direktorat Jenderal Penguatan Daya Saing Produk Kelautan dan Perikanan, Kementerian Kelautan dan Perikanan  (PDSPKP KKP).

Pada kesempatan ini, perwakilan UNIDO dan Laboratorium Produsen Bahan Acuan BBP3KP, BUSKIPM, BBSPJIA mengunjungi Laboratorium SNSU Kimia dan berdiskusi dengan para Metrolog SNSU BSN mengenai pengembangan CRM mulai dari pembuatan kandidat bahan acuan, uji stabilitas, uji honogenitas, penentuan nilai acuan sampai sertifikat bahan acuan diterbitkan, sesuai dengan persyaratan dalam SNI/ISO 17034:2016 dan ISO Guide 35.

Selain berdiskusi, peserta kunjungan juga berkesempatan untuk melihat aktivitas, fasilitas peralatan serta CRM yang telah dihasilkan di laboratorium SNSU Kimia.

Harapannya dari kunjungan ini bisa menjadi langkah awal untuk kerjasama dan kolaborasi antara BSN, UNIDO, BBP3KP, BUSKIPM, dan BBSPJIA ke depan, untuk memajukan metrologi bidang kimia.(ria-humas)