Badan Standardisasi Nasional
  • A
  • A

BSN meluncurkan situs www.bsn.go.id

  • Rabu, 05 Desember 2007
  • 2124 kali

Badan Standardisasi Nasional (BSN) meresmikan pengoperasian website  BSN dengan alamat http://www.bsn.go.id/. pada Rabu 5 Desember 2007 di Jakarta. Pembuatan website ini merupakan kerjasama antara BSN dengan An European Union (EU) Trade Support Programme (TSP). EU TSP adalah program kerjasama pemerintah Indonesia dengan Uni Eropa di bidang manajemen mutu dan standardisasi yang menyertakan pula para ahli teknologi informasi (IT).Website BSN berisi aneka informasi mengenai standardisasi, penilaian kesesuaian serta perkembangan terakhir kegiatan forum standardisasi baik bilateral, regional maupun internasional.

Melalui situs ini, pengunjung dapat mencari data dokumen Standar Nasional Indonesia (SNI) dari yang berstatus baru diterbitkan, diabolisi maupun direvisi. Bahkan, untuk SNI yang baru ditetapkan oleh BSN, pengunjung dapat mendownloadnya fulltext secara gratis.Selain itu, pengunjung juga dapat memperoleh informasi mengenai lembaga sertifikasi produk, manajemen mutu, lingkungan, serta ekolabel yang keseluruhannya telah diakreditasi oleh Komite Akreditasi Nasional (KAN) lengkap dengan data ruang lingkup, alamat dan personal penghubungnya.Tidak ketinggalan pula, pengunjung dapat memperoleh berita-berita terbaru tentang standardisasi, publikasi yang diterbitkan BSN seperti Jurnal Standardisasi, Majalah SNI Valuasi, Handbook mengenai SNI, jadwal acara nasional yang akan diselenggarakan oleh BSN, pelatihan standardisasi dan masih banyak lagi.

Jean-Baptiste Mounier, konsultan IT dari EU TSP, mengatakan situs ini dapat dimanfaatkan untuk mempromosikan produk Indonesia yang telah mendapat sertifikasi standar ISO, SNI, dan standardisasi mutu BSN lainnya ke pasar domestik dan mancanegara. "Diharapkan kehadiran situs resmi BSN yang diluncurkan hari ini bisa menjadi jembatan komunikasi antar produsen produk Indonesia dengan BSN dan masyarakat internasional, sekaligus sebagai koordinasi internal antar departemen terkait di bidang standardisasi," kata Jean Baptiste Mounier kepada pers saat peluncuran http://www.bsn.go.id/.

Selain digunakan sebagai sarana promosi dan publikasi BSN, lanjutnya, secara jangka panjang http://www.bsn.go.id/ diharapkan bisa dimanfaatkan sebagai portal perdagangan nasional dan internasional yang diback up dengan data berteknologi tinggi melalui sistem pendataan berbasis Customer Relationship Management (CRM). Dengan begitu, kemungkinan untuk meningkatkan lalu lintas hubungan perdagangan internasional di dunia maya bisa dilaksanakan. Kepala BSN, Ir. Iman Sudarwo berharap agar website yang baru saja diluncurkan ini akan menjadi pintu komunikasi antara BSN dengan stakeholder. (dnw)




­