Badan Standardisasi Nasional
  • A
  • A

PT. Muliaglass-Float Division dan Perkebunan Teh Gunung Subur raih SNI Award 2007

  • Rabu, 28 November 2007
  • 2387 kali
  PT. Muliaglass-Float Division dan Perkebunan Teh Gunung Subur,
raih SNI Award 2007

Sebagaimana tahun sebelumnya, Badan Standardisasi Nasional (BSN) bekerjasama dengan Departemen Perindustrian, Departemen Perdagangan, Departemen Pertanian, Badan POM, KADIN serta Bank Indonesia, kembali menyelenggarakan Penganugerahan SNI Award 2007 di Jakarta.


SNI Award merupakan bentuk apresiasi yang diberikan pemerintah dalam hal ini BSN kepada organisasi yang menerapkan Standar Nasional Indonesia (SNI) dan peduli pada pengembangan standar, serta mempunyai kinerja yang baik. Tujuannya adalah mendorong penerapan SNI oleh industri dan peningkatan pemahaman tentang manfaat SNI oleh masyarakat.


Pada tahun 2006, SNI Award diberikan kepada PT. Pupuk Sriwidjaja Palembang untuk kategori perusahaan besar dan PT. Harapan Widyatama Pertiwi Jakarta untuk kategori perusahaan kecil menengah. Untuk tahun ini, SNI Award diberikan kepada PT. Muliaglass-Float Division untuk Kategori Industri Besar dan Teh Gunung Subur, Karang Anyar sebagai Kategori Industri Kecil dan Menengah.



Para pemenang itu telah berhasil menyisihkan 15 nominee. Para nominee itu adalah PT. Pupuk Sriwidjaya, PT. Gapura Angkasa, PT. Cahaya Sakti Multi Intraco, PT. Ajidharmamas Tritunggal Sakti, PT. Panggung Electric Citrabuana, PT. Muliaglass - Float Division, PT. Yanmar Diesel Indonesia, PT. Pupuk Kujang, PT. Sinar Sosro, Pabrik Ungaran, serta PT. Semen Padang untuk kategori industri besar. Sedangkan nominee yang masuk dalam kategori industri kecil dan menengah adalah PT. Trisula Textile Industries, PT. Jaly Indonesia Utama, Perusahaan Teh Gunung Subur, PT. Harapan Widyatama Pertiwi, serta Kelompok Usaha Bersama Kebun Makmur.



Peraih SNI Award 2007 itu merupakan hasil akhir penilaian dari tim penilai yang profesional dan tokoh masyarakat yang memahami kinerja organisasi dan penerapan standar yang telah ditunjuk oleh BSN. Mereka terdiri dari Rhenald Kasali, Ph.D (Ketua),  Ir. Didie B. Tedjosumirat, MBA (Wakil Ketua), Dr. Sunarya (Sekretaris), Ir. Herudi Kartowisastro (Anggota), Ir. Thomas Darmawan (Anggota), Ir. Nurasiah Saleh Samhudi (Anggota), Ir. Aditya Nugroho, MBA (Anggota), Dra. Nus Nuzulia Ishak (Anggota), Drs. Puji Raharjo (Anggota), Mohd. Senang Sembiring (Anggota), Rifana Erni, S.Teks. MBA (Anggota), Abdul Rachman (Anggota), Endy Subiantoro (Anggota), serta Ahmad Jauhar (Anggota).


Penilaian dilakukan terhadap seluruh aspek yang dapat mendorong kemajuan organisasi dalam mewujudkan kinerja yang lebih baik, yaitu kepemimpinan dan manajemen, fokus pada pelanggan, pengembangan sumberdaya, pengelolaan/realisasi produk, dan hasil bisnis. Penilaian ini, dapat dimanfaatkan pula oleh organisasi dalam menilai kinerja internalnya, sehingga organisasi dapat meningkatkan kinerjanya di masa mendatang.


Menginjak tahun ke-3 penyelenggaraan, SNI Award telah mengalami evaluasi menuju kesempurnaan dalam penilaian dan pelaksanaannya sehingga diharapkan penilaian SNI Award dapat menjadi acuan penilaian organisasi untuk peningkatan kinerja organisasi. (dnw/humas)




­