Badan Standardisasi Nasional
  • A
  • A

Standardisasi, Masyarakat harus Tahu!

  • Kamis, 22 November 2007
  • 2133 kali
 

Standardisasi, Masyarakat harus Tahu !

Standardisasi telah menjadi isu yang sangat penting bagi kehidupan masyarakat sebagai salah satu bentuk upaya meningkatkan daya saing, memberikan perlindungan kepada konsumen, ataupun menjaga kelestarian fungsi lingkungan hidup. Namun kondisi yang terjadi saat ini, standardisasi belum menjadi acuan yang efektif dalam aktifitas masyarakat secara luas bahkan masih belum banyak dikenal oleh sebagian besar masyarakat kita. Padahal, tanpa pengertian dan pemahaman secara benar tentang arti pentingnya standar dan penilaian kesesuaian oleh pelaku pasar, kita akan terus mengalami kesulitan dalam membangun dan mewujudkan bangsa dan negara yang profesional, tertib, dan teratur di bidang industri dan perdagangan serta memiliki daya saing produk nasional yang dipercaya pasar. Oleh karenanya diseminasi informasi dan edukasi masyarakat tentang standardisasi secara intensif perlu dilakukan bersama oleh semua pihak yang berkepentingan dan selalu ditingkatkan selaras dengan perkembangan teknologi dan kondisi masyarakat.


Dalam rangka memeriahkan World Standards Day Tahun 2007, Organisasi Standar Internasional ISO, IEC dan ITU menetapkan tema "Standards and the Citizen : contributing to society". Indonesia (yang diwakili BSN) sebagai salah satu anggota organisasi standar internasional, dalam memperingati hari Standar Dunia (14 Oktober) dan Bulan Mutu Nasional (bulan November) tahun 2007 menggelar berbagai kegiatan mulai dari Seminar Nasional Standardisasi, Pameran, Temu Panitia Teknis hingga Penganugerahan SNI Award bagi Industri Penerap SNI. Tema yang diangkat pada kesempatan ini adalah "Standar Nasional Indonesia (SNI) untuk Keamanan dan Keselamatan Masyarakat". Tema ini selaras dengan tema yang diangkat dalam Wold Standard Day tahun 2007.


Sebagai kegiatan yang berskala nasional, kegiatan Bulan Mutu diharapkan dapat digunakan sebagai wahana komunikasi para stakeholder standardisasi dalam rangka pengembangan standardisasi nasional serta untuk menginformasikan berbagai perkembangan standardisasi dan penilaian kesesuaian. Kegiatan ini dipusatkan di Auditorium Manggala Wanabakti, Jakarta. Adapun rangkaian kegiatan Bulan Mutu Nasional 2007 adalah sebagai berikut :

  1. Pertemuan Presentasi Ilmiah, 6 - 7 November 2007, Hotel Ibis - Jakarta
  2. Temu Nasional Ketua Panitia teknis Perumus SNI, 12 November 2007, Hotel Kartika Chandra - Jakarta
  3. Temu Nasional Sekretaris Panitia Teknis Perumus SNI, 13 November 2007, Hotel Pita Giri - Jakarta
  4. Seminar "Kontribusi ISO dan IEC dalam Perdagangan Dunia", 14-15 November 2007, Hotel Menara Peninsula - Jakarta
  5. Seminar Nasional Standardisasi, 20-21 November 2007, Auditorium Manggala Wanabakti, Jakarta
  6. Forum Komunikasi Anggota Panitia Teknis Perumus SNI, 21 November 2007, Auditorium Manggala Wanabakti, Jakarta
  7. Temu Nasional Masyarakat Standardisasi, 22 November 2007, Auditorium Manggala Wanabakti, Jakarta.
  8. Malam Anugerah SNI Award 2007, 28 November 2007, Hotel J.W. Marriot, Jakarta













Untuk mengetahui arti penting produk bertanda Standar Nasional Indonesia (SNI) kepada masyarakat umum, BSN juga menyelenggarakan Pameran Standardisasi yang akan diikuti oleh berbagai industri penerap SNI dan lembaga penilaian kesesuaian pada 20 - 22 November 2007 di Halaman Auditorium Manggala Wanabakti. Pameran terbuka untuk umum dan sangat bermanfaat bagi masyarakat yang peduli mutu dan standardisasi.


Guna mempercepat proses sosialisasi dan implementasi standar, Panitia Bulan Mutu Nasional tahun ini memfokuskan perhatian dan kegiatannya pada aspek keamanan dan keselamatan dalam standar transportasi darat dan teknologi informasi. Kedua sektor ini banyak terkait dengan kehidupan masyarakat sehari-hari dan menjadi isu global. Karena itu dalam seminar nasional standardisasi akan dipertemukan antara kebijakan pemerintah, pengalaman operator, dan penyedia standar. Dari kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan awarness dan komitmen masyarakat untuk mewujudkan bangsa dan negara yang tertib, teratur dan mengedepankan kualitas dalam memasuki ASEAN Single Window dan ASEAN Economic Community tahun 2000 - 2015.

---------------  END ---------------

Humas BSN




­