Badan Standardisasi Nasional
  • A
  • A

BSN Raih Predikat Baik dalam Verifikasi Indeks KAMI 2023 dari BSSN

  • Jumat, 03 November 2023
  • Humas BSN
  • 1044 kali

Dalam rangka menjaga keamanan dan pelindungan data dan informasi di lingkungan pemerintah pusat, Badan Standardisasi Nasional (BSN) telah menerima assesment Operasi Lapangan Satuan Tugas Pelindungan Data Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) Tahun 2023. Berdasarkan assesment yang dilaksanakan pada 16 - 27 Oktober 2023, salah satu hasil penilaian Indeks KAMI (Keamanan Informasi) terhadap Sistem Elektronik dengan Kategori Risiko Tinggi, BSN mendapatkan skor total akhir 594 dengan status kesiapan Baik.

Indeks Keamanan Informasi (KAMI) merupakan aplikasi yang digunakan sebagai alat bantu untuk melakukan asesmen dan evaluasi tingkat kesiapan (Kelengkapan dan Kematangan) penerapan keamanan informasi berdasarkan kriteria SNI ISO/IEC 27001 Sistem Manajemen Keamanan Informasi. Proses evaluasi dilakukan melalui sejumlah pertanyaan di beberapa area yang meliputi Kategori Sistem Elektronik yang digunakan; Tata Kelola Keamanan Informasi; Pengelolaan Risiko Keamanan Informasi; Kerangka Kerja Keamanan Informasi; Pengelolaan Aset Informasi; Teknologi dan Keamanan Informasi; serta Suplemen (Tambahan pengukuran dilakukan untuk aspek Pengamanan Keterlibatan Pihak Ketiga Penyedia Layanan, Pengamanan Layanan Infrastruktur Awan (Cloud Service) dan Pelindungan Data Pribadi).

Plt. Kepala Pusat Data dan Sistem Informasi BSN Nur Hidayati dalam Exit Meeting Pelaksanaan Operasi Lapangan Satuan Tugas Pelindungan Data BSSN di Tangerang Selatan pada Kamis (2/11/23) mengatakan bahwa assesment terkait dengan keamanan informasi dan pelindungan data oleh BSSN ini menjadi evaluasi bagi BSN, untuk meningkatkan kinerja dari sisi keamanan informasinya.

Operasi Lapangan Satuan Tugas Pelindungan Data BSSN ini dipimpin oleh Penelaah Informasi dan Komunikasi Publik BSSN Galih Bangun Santosa. Operasi Satuan Tugas Pelindungan Data BSSN merupakan inisiatif strategis yang ditujukan untuk mengamankan, melindungi, dan menjaga integritas serta kerahasiaan data sensitif dan informasi kritikal yang dikelola khususnya oleh entitas pemerintah pusat.

Dalam operasi lapangan kali ini, Tim BSSN melaksanakan assesment yang terdiri dari IT Security Assesment (ITSA), Tata Kelola Manajemen Risiko, Pengendalian Informasi (Dalinfo) dan Operasi Sandi di lingkungan BSN.

Galih dalam kesempatan ini menyampaikan apresiasi kepada BSN yang telah menjalankan Operasi Lapangan dengan baik dan lancar. BSSN, lanjut Galih, siap berkolaborasi lebih lanjut dalam kegiatan-kegiatan pengamanan data dan informasi bersama BSN.(ria/red:arif-humas)

 

Galeri Foto: BSN Raih Predikat Baik dalam Verifikasi Indeks KAMI 2023 dari BSSN




­