Badan Standardisasi Nasional
  • A
  • A

BSN Sosialisasikan Terobosan Baru HTCA 2023: Penghargaan untuk Tokoh Pengembangan Standar

  • Kamis, 20 Juli 2023
  • 659 kali

Badan Standardisasi Nasional (BSN) mengadakan acara Sosialisasi Evaluasi Kinerja Komite Teknis dan Herudi Technical Committee Award (HTCA) tahun 2023 secara daring melalui aplikasi zoom pada Selasa (18/07/23). Acara ini bertujuan untuk memberikan pemahaman tentang proses evaluasi kinerja Komite Teknis (Komtek) serta mengumumkan terobosan baru dalam penganugerahan HTCA.

Penganugerahan HTCA merupakan salah satu bentuk apresiasi BSN terhadap kinerja sekretariat Komite Teknis sebagai bagian dari pembinaan pengembangan SNI. Rencananya, penganugerahan akan diselenggarakan pada bulan Oktober 2023. Acara ini akan menjadi bagian dari peringatan Hari Standar Dunia (World Standards Day) dan Bulan Mutu Nasional (BMN).

Berbeda dengan HTCA sebelumnya, kali ini BSN akan memberikan penghargaan untuk Tokoh Pengembangan Standar dan Konseptor Perumus SNI.

Acara diawali dengan sambutan dari Deputi Bidang Pengembangan Standar BSN, Hendro Kusumo. Dalam sambutannya, Hendro mengucapkan apresiasi kepada stakeholder dan konseptor yang berperan luar biasa dalam pengembangan SNI.

“Terima kasih dan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada Bapak/Ibu semua yang sudah terlibat secara langsung maupun tidak langsung untuk mewujudkan SNI yang semakin baik, sehingga harapannya SNI yang dihasilkan nanti adalah SNI yang benar-benar memberikan manfaat,” ungkap Hendro.

Agenda pertama acara adalah paparan hasil HTCA 2022 dan evaluasi kinerja Komite Teknis tahun 2022 oleh Ketua Tim Pengembangan Standar Energi, Febriyanto Nugroho. Dalam presentasinya, Febriyanto menyampaikan bahwa jumlah Komtek yang menyampaikan laporan tahunan di tahun 2022 meningkat drastis menjadi 141 komtek, dibandingkan pada tahun sebelumnya yang hanya berjumlah 100 komtek.

Selanjutnya, Direktur Pengembangan Standar Infrastruktur, Penilaian Kesesuaian, Personal dan Ekonomi Kreatif, Iryana Margahayu, menyampaikan paparan mengenai kriteria dan tata cara penilaian HTCA 2023. Iryana menyatakan bahwa pelaksanaan HTCA tahun ini berbeda dengan tahun sebelumnya. Terdapat lima kriteria penilaian dasar yang lebih menitikberatkan pada hasil dari SNI, penyederhaan penyampaian laporan tahunan oleh komtek sebagai bahan evaluasi kinerja, serta penyampaian formulir HTCA yang lebih sederhana. Selain itu, terdapat penghargaan untuk tokoh pengembangan standar dan konseptor perumus SNI, yang merupakan salah satu terobosan baru dalam penganugerahan HTCA.

Agenda ketiga disampaikan oleh Direktur Pengembangan Standar Agro, Kimia, Kesehatan, dan Halal, Heru Suseno, mengenai rencana penilaian tokoh pengembangan standar dan konseptor perumus sni. Heru menjelaskan bahwa penghargaan tersebut bertujuan untuk memberikan apresiasi kepada stakeholder dan konseptor yang berperan dalam pengembangan SNI. Terdapat dua kategori peserta dalam penghargaan ini, yaitu tokoh anggota Komtek (pemerintah, pelaku usaha, pakar, dan konsumen) serta konseptor perumus SNI di tahun 2022.

Sosialisasi mengenai kriteria penilaian HTCA ini diharapkan dapat memotivasi seluruh Komite Teknis untuk berpartisipasi dalam penganugerahan HTCA serta terus berinovasi dan berkontribusi dalam pembinaan dan pengembangan Standar Nasional Indonesia. (hps/Humas)




­