Badan Standardisasi Nasional
  • A
  • A

Rapat KAN Council: Upayakan LPK Berdaya Saing

  • Rabu, 21 Juni 2023
  • 874 kali

Komite Akreditasi Nasional (KAN) kembali menyelenggarakan Rapat KAN Council secara hybrid pada Rabu (21/6/2023). Rapat dipimpin oleh Kepala Badan Standardisasi Nasional (BSN) selaku Ketua KAN, Kukuh S. Achmad dan diikuti para anggota KAN Council yang merupakan perwakilan pemerintah, industri asosiasi, profesional maupun akademisi.

Sebelum membahas agenda utama, Kukuh, melakukan review tentang suksesnya  penyelenggaraan Festival Infrastruktur Mutu Nasional (FIMN) 2023 yang telah dilaksanakan pada 14-16 2023 Juni lalu. Lebih dari itu, Kukuh juga melaporkan suksesnya penyelenggaraan Consultative Committee for Standards and Quality (ACCSQ) ke 57 yang juga telah dilaksanakan pada tanggal 13-14 Juni 2023 lalu di Yogyakarta. Dari semua kegiatan yang sudah terlaksana, Kukuh mengharapkan pengakuan kompetensi LPK (Lembaga Penilai Kesesuaian) di Indonesia bisa terus diharmonisasikan dan diakui dunia.

Agenda utama pada Rapat KAN Council ini membahas pengambilan keputusan untuk 38 berkas akreditasi untuk Lembaga Penilaian Kesesuaian (LPK) yang diproses melalui sistem akreditasi di Komite Akreditasi Nasional, baik Lembaga Sertifikasi, Lembaga Inspeksi, Laboratorium, Lembaga Validasi dan Verifikasi, serta beberapa poin agenda lain-lain.

Pada agenda lain-lain, beberapa pokok bahasan diantaranya terkait tindak lanjut catatan SK Penambahan ruang lingkup salah satu Lembaga Sertifikasi (LS), lanjutan keputusan penambahan ruang lingkup salah satu LS, Tidak dilakukannya akreditasi salah satu LS akibat prinsip ketidakberpihakan, Rekomendasi untuk diberikan akreditasi salah satu Laboratorium,pengurangan ruang lingkup, revisi ruang lingkup, dan keputusan penambahan ruang lingkup. (Awg – Humas)




­