Badan Standardisasi Nasional
  • A
  • A

Rapat KAN Council Oktober 2022

  • Selasa, 25 Oktober 2022
  • 633 kali

 

Komite Akreditasi Nasional (KAN) Council yang keanggotaannya mewakili pemerintah, kalangan industri, asosiasi, professional, dan pelanggan secara rutin menyelenggarakan rapat minimal satu kali setiap bulannya. Rapat KAN Council membahas mengenai permasalahan terkini terkait dengan akreditasi di Indonesia. Rapat KAN Council Oktober dilaksanakan secara daring pada Senin (24/10/2022) dipimpin oleh Kepala Badan Standardisasi Nasional (BSN) selaku Ketua KAN, Kukuh S. Achmad dan dihadiri para anggota.

Pada kesempatan ini, Kukuh menyampaikan beberapa update informasi. Diantaranya terkait BSN menjadi tuan rumah penyelenggaraan Internasional Standards Summit 2022 pada 20 Oktober 2022 secara hybrid di Legian, Bali. Acara ini merupakan komitmen World Standard Cooperation (WSC) yang mendukung negara-negara anggota G20. ISS mendukung tiga isu prioritas G20, yakni better health, digital transformation, energy transition, dan isu tambahan lainnya seperti net zero emission dan Sustainable Development Goals (SDGs). Pertemuan ini dihadiri kurang lebih 150 peserta dari seluruh negara perwakilan, termasuk Indonesia.

Pada agenda utama, Deputi Bidang Akreditasi BSN selaku Sekretaris Jenderal KAN, Donny Purnomo, memimpin pengambilan keputusan akreditasi kepada Lembaga Penilaian Kesesuaian yang mendaftar dengan mengupload dokumen maupun melalui KANMIS.

Forum juga membahas beberapa agenda lain, seperti permohonan banding dari salah satu Lembaga Pengujian, pengembangan skema verifikasi program tingkat kandungan dalam negeri (TKDN), pengembangan skema global GAP, pencabutan akreditasi salah satu Lembaga Inspeksi, pemenuhan persyaratan asesmen penyaksian, laporan penghentian proses akreditasi, dan pemenuhan persyaratan asesmen penyaksian. Rapat KAN Council berikutnya diagendakan pada minggu ketiga November 2022. (Put – Humas/Red: Arf)




­