Badan Standardisasi Nasional
  • A
  • A

Kepala BSN Pimpin Sidang ISO/DEVCO di Jenewa, Swiss

  • Senin, 17 September 2007
  • 2501 kali

Kepala BSN, Iman Sudarwo dalam kapasitasnya sebagai chairman ISO/DEVCO (ISO Committee on Developing Country Matters), memimpin sidang ISO/DEVCO pada 17-18 September 2007 di Jenewa, Swiss.


Iman Sudarwo terpilih sebagai chairman ISO/DEVCO untuk periode tahun 2006 - 2008 pada Sidang ISO Council di Ottawa, Kanada pada tahun 2006.


Sidang tahunan ISO/DEVCO itu sendiri diselenggarakan setahun sekali, yaitu bersamaan dengan diselenggarakannya Sidang Umum/ ISO General Assembly. Namun dalam masa tugasnya, chair of DEVCO dibantu oleh DEVCO CAG ( DEVCO Chair Advisory Group) dalam menetapkan kebijakan kegiatan standardisasi untuk negara berkembang. Sidang DEVCO CAG (Chair of Advisory Group) selama tahun 2007 yang dipimpin langsung oleh Chair DEVCO telah dilaksanakan 2 kali pada 29 maret 2007dan 18 September 2007 di Jenewa, Swiss.


Sidang pada 17-18 September itu, dihadiri lebih dari 300 delegasi dari member ISO/DEVCO. Salah satu hasilnya adalah telah disusunnya Guidance on Partnering and Twinning in ISO standard development activities. Guide ini sangat penting bagi negara-negara berkembang termasuk Indonesia karena dalam dokumen ini diatur tentang tata cara apabila negara anggota ISO akan bergabung dalam program twinning arrangement. Melalui program Twinning arrangement inilah negara berkembang mempunyai kesempatan untuk berperan lebih aktif dalam proses pengembangan standar dengan cara bekerja sama dengan negara maju. (dnw/humas)




­