Badan Standardisasi Nasional
  • A
  • A

Harus SNI, Resi Gudang untuk Rotan Belum Siap

  • Minggu, 12 Februari 2012
  • 930 kali
Kliping Berita

Kemendag Bakal Keliling Daerah Memastikan yang Sudah Layak

LENSAINDONESIA.COM : Komoditi Rotan sampai saat ini belum ada yang masuk resi gudang karena infrastrukturnya (seperti gudang) belum siap, Dan gudang itu harus sesuai Standar Nasional Indonesia (SNI).

“Gudangnya harus memenuhi SNI,” kata Kepala Pusat Harmonisasi Kebijakan Perdagangan Sutriyono Edi di di pressroom Kemendag, Jakarta, Minggu (12/02) .

Edi juga menyebutkan pihaknya sedang melakukan investigasi ke berbagai daerah untuk memastikan siapa saja atau daerah mana saja yang siap resi gudang Rotan.

“Kami sedang melakukan investigasi ke daerah. Siapa pemilik resi gudang yang memenuhi syarat. Mudah-mudahan dalam 2-3 bulan ke depan bisa disiapkan. Kami masih akan bertemu dengan asosiasi,” tambahnya.

Sementara itu data PT Sucopindo, pengiriman Rotan dari Banjarmasin sejak 1-9 Januari 2012 tercatat 1960 ton, ke Surabaya 1541 ton dan ke Jakarta 151 ton.
“Yang kecil- kecil di bawah 15 ton seperti ke Semarang, Medan, Denpasar Itu yang dari Banjarmasin (Kalsel),” uangkap Dirut PT Sucopindo Haried Safari, Jumat di pressroom Kemendag.

Pengiriman dari Makasar ke Surabaya 141 ton ke Cirebon 100 ton. Pengiriman dari Manado ke Surabaya 27 ton, dari Palu ke Surabaya 244 ton.

“Itu kira- kira gambarannya,” ujarnya. @hidayat

Editor: Rizal Hasan

Sumber : lensaindonesia.com, Minggu 12 Februari 2012.
Link : http://www.lensaindonesia.com/2012/02/12/harus-sni-resi-gudang-untuk-rotan-belum-siap.html