Badan Standardisasi Nasional
  • A
  • A

Berkomitmen Melayani dengan Bersih, SNSU BSN Gelar Forum Konsultasi Publik dengan Pelanggan

  • Senin, 23 September 2024
  • Humas BSN
  • 38 kali

Dalam upaya memenuhi sasaran Reformasi Birokrasi, Badan Standardisasi Nasional (BSN) terus berkomitmen meningkatkan kualitas layanan publik yang diberikan kepada masyarakat. Hal ini diwujudkan oleh Deputi Bidang Standar Nasional Satuan Ukuran (SNSU) BSN yang menyelenggarakan Forum Konsultasi Publik (FKP) Updating Informasi Terbaru Layanan Publik SNSU pada Kamis (19/09/2024) melalui platform Zoom.

Kegiatan ini dilakukan untuk membangun hubungan baik dengan seluruh pelanggan dan calon pelanggan layanan Laboratorium SNSU BSN sekaligus memenuhi amanat Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik.

Forum Konsultasi Publik dibuka dengan sambutan Deputi Bidang SNSU BSN, Y. Kristianto Widiwardono, dan diikuti oleh lebih dari 100 peserta secara daring. Dalam sambutannya Kris menyampaikan bahwa kegiatan FKP dilakukan agar pelanggan layanan Lab SNSU BSN memperoleh informasi terbaru terkait layanan yang disediakan oleh SNSU BSN.

Kris juga menambahkan bahwa SNSU BSN pada bulan November akan menyelenggarakan workshop di Semarang bekerja sama dengan Universitas Diponegoro dan Masyarakat Metrologi Indonesia (MMI) untuk menjangkau kalangan mahasiswa dan akademisi agar lebih dekat dan mengenal bidang metrologi ilmiah.

“Saya berharap, melalui kegiatan FKP ini pelanggan tidak hanya dapat memperoleh informasi termutakhir seputar layanan, tetapi juga dapat menyampaikan masukan bagi Lab SNSU BSN agar dapat memberikan layanan yang lebih baik,” pungkasnya.

Turut hadir pula menyampaikan materi berupa pembaruan informasi layanan, Kepala Lab SNSU Panjang sekaligus Tim Penatausahaan Layanan SNSU BSN, Nurlathifah; Kepala Lab SNSU Suhu Aditya Ahmadi; Kepala Lab SNSU Kelistrikan, Agah Faisal; Kepala Lab SNSU Akustik dan Vibrasi, Maharani Ratna Palupi; Metrolog Ahli Madya Lab SNSU Panjang, Okasatria Novianto; dan Metrologi Ahli Pertama Lab SNSU Massa Fadli Ihsan.

Selanjutnya Nurlathifah menyampaikan tentang perubahan atas standar layanan publik di SNSU BSN. Pada dasarnya tidak ada perubahan signifikan dalam standar layanan publik yang telah ada. Namun, standar layanan tersebut diselaraskan dengan Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) No. 35 tahun 2012 tentang Pedoman Penyusunan Standar Operasional Prosedur Administrasi Pemerintahan.

“Ada 3 layanan publik SNSU, yaitu kalibrasi dan pengukuran, penyelengaraan uji profisiensi, dan penyediaan bahan acuan,” ujar Nurlathifah.

Adapun layanan kalibrasi dan pengukuran untuk lingkup baru yang diperkenalkan dalam forum konsultasi publik ini dipersiapkan dan dikembangkan oleh para metrolog di SNSU BSN untuk memenuhi kebutuhan kalibrasi dan pengukuran di Indonesia yang terus berkembang.

Dengan diselenggarakannya Forum Konsultasi Publik ini, diharapkan kebutuhan masyarakat terhadap pelayanan publik yang lebih cepat, efisien, dan berguna dapat diakomodasi dengan baik oleh SNSU BSN. Lab SNSU BSN juga diharapkan dapat selalu menghadirkan layanan publik yang bersih dan melayani serta berintegritas. (dnh)