Badan Standardisasi Nasional
  • A
  • A

Peran Penting Standar Sistem Manajemen dalam Perusahaan Industri

  • Senin, 30 September 2024
  • Humas BSN
  • 118 kali

Bagi perusahaan industri, penerapan standar sistem manajemen memiliki peran penting untuk mencapai tujuan organisasi dan menghasilkan produk yang sesuai dengan standar yang dibutuhkan oleh masyarakat, yakni yang sesuai dengan Standar Nasional Indonesia (SNI). 

"Standardisasi bisa dikatakan berhasil ketika pangsa pasar produk dalam negeri meningkat, dan juga produk-produk unggulan kita harus bisa di ekspor ke negara-negara yang potensial," ungkap Sekretaris Utama Badan Standardisasi Nasional (BSN), Donny Purnomo dalam acara Temu Pelanggan Balai Standardisasi dan Pelayanan Jasa Industri (BSPJI) Jakarta pada Jumat (27/9/2024) di Jakarta. 

Donny mengatakan, untuk bisa mewujudkan pertumbuhan ekonomi Indonesia adalah apabila omzet dari industri meningkat baik dari dalam maupun luar negeri. Dan kata kunci untuk mencapai hal tersebut adalah mutu. Penjaminan mutu dapat dilakukan dengan menerapkan sistem manajemen mutu yang mengacu pada SNI ISO 9001. 

"Dengan menerapkan sistem manajemen mutu, maka dapat dipastikan produk yang dihasilkan telah sesuai dengan standar yang telah ditetapkan, sehingga mutu produk yang dihasilkan dapat dipercaya dan terjamin kualitasnya," jelas Donny. 

Lebih lanjut, Donny menjabarkan tentang prinsip dalam penerapan standar sistem manajemen mutu. Ia menjelaskan, penerapan sistem manajemen mutu diawali dengan perencanaan mutu, yaitu menentukan spesifikasi produk yang sesuai dengan SNI. Kemudian, diperlukan pemastian mutu dengan menerapkan sistem yang telah ditetapkan dan memastikan proses produksinya telah sesuai dengan yang dipersyaratkan. Selanjutnya, dilakukan quality control dengan melakukan pengujian, evaluasi hingga sertifikasi. Setelah teruji kualitasnya, industri dapat melakukan evaluasi dan peningkatan yang berkelanjutan.

Donny menambahkan, pada dasarnya penerapan sistem manajemen tujuannya adalah untuk memudahkan perusahaan industri untuk mencapai tujuan dan sasaran organisasi. Untuk mencapai tujuan tersebut, perusahaan dapat menerapkan berbagai standar sistem manajemen lainnya sesuai dengan kebutuhan organisasi, seperti Sistem Manajemen Lingkungan SNI ISO 14001, Sistem manajemen energi SNI ISO 5001, Sistem manajemen keamanan informasi SNI ISO/IEC 27001, hingga Sistem manajemen anti penyuapan SNI ISO 37001.

Dalam acara ini, Donny juga berkesempatan untuk menyerahkan sertifikat akreditasi Komite Akreditasi Nasional (KAN) kepada BSPJI Jakarta untuk ruang lingkup Sistem manajemen lingkungan SNI ISO 14001:2015 dan Sistem manajemen keamanan pangan SNI ISO 22000:2018. Sertifikat akreditasi tersebut diterima langsung oleh Kepala BSPJI Jakarta, Lilih Handayaningrum. (tyo-humas)

 

Galeri Foto: Peran Penting Standar Sistem Manajemen dalam Perusahaan Industri