Badan Standardisasi Nasional
  • A
  • A

SNI unit penghasil biogas dengan tangki pencerna berbahan baku polietilena dan beton untuk menjamin keamanan dan keselamatan pengguna

  • Jumat, 28 Juni 2024
  • Humas BSN
  • 822 kali

Biogas adalah sumber energi terbarukan yang dinilai dapat menjadi pengganti bahan bakar fosil yang lebih murah, lebih ramah lingkungan, dan mudah dikontrol. Biogas dihasilkan dari penguraian bahan organik, seperti limbah ternak atau limbah tanaman, atau sampah organik lainnya dalam kondisi anaerob atau tanpa udara. Pada umumnya, semua jenis bahan organik yang diproses dapat menghasilkan biogas. Hal itulah yang membuat biogas dapat menjadi salah satu solusi mengurangi sampah organik yang paling efisien.

Biogas sendiri dapat dimanfaatkan masyarakat sebagai energi alternatif pengganti LPG untuk memasak dan bahan bakar generator untuk menghasilkan listrik. Selain itu, biogas dinilai lebih aman untuk bumi karena pembakaran biogas mampu mengurangi emisi gas kaca. Biogas juga dapat mengurangi bau, serangga, dan patogen yang berasal dari timbunan kotoran tradisional.

Untuk membuat biogas, diperlukan instalasi bangunan biogas. Salah satu komponen kunci dalam instalasi bangunan biogas adalah tangki pencerna, yang merupakan tempat di mana proses fermentasi dan penguraian berlangsung. Dari pengolahan tersebut, akan dihasilkan biogas yang utamanya terdiri dari gas metana, karbon dioksida, dan sejumlah kecil nitrogen, hidrogen, serta karbon monoksida. Ada beberapa jenis bahan bangunan tangki pencerna yang dapat digunakan seperti polietilena dan beton.

Standar Nasional Indonesia (SNI) memainkan peranan penting dalam berbagai sektor industri di Indonesia, termasuk dalam pembuatan tangki pencerna biogas, baik yang berbahahan polietilena (SNI 9107:2022), maupun dari beton (SNI 7826:2023). SNI menetapkan persyaratan keamanan yang harus dipenuhi dalam pembuatan kubah penghasil biogas, termasuk desain yang aman, bahan yang tahan terhadap tekanan dan korosi, serta pemasangan yang sesuai dengan prosedur standar. Standar SNI mendorong penerapan teknologi dan praktik terbaik dalam pembuatan tangki pencerna biogas untuk memastikan keamanan dan keselamatan pengguna.

Untuk mengunduh buklet mengenai unit penghasil biogas dengan tangki pencerna berbahan baku polietilena dan beton, silahkan akses tautan berikut:

https://bit.ly/Biogas-TangkiPencerna