Badan Standardisasi Nasional
  • A
  • A

BSN dan KAN Siap Dukung Bursa Karbon Indonesia

  • Selasa, 26 September 2023
  • Humas BSN
  • 934 kali

Kepala Badan Standardisasi Nasional (BSN) selaku Ketua Komite Akreditasi Nasional (KAN), Kukuh S. Achmad, ikut serta menghadiri peristiwa bersejarah, peresmian Bursa Karbon Indonesia (Indonesia Carbon Exchange) yang diselenggarakan oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) di Gedung Bursa Efek Indonesia (BEI) di Jakarta pada Selasa (26/9/2023). Acara ini menjadi sorotan utama karena diresmikan oleh Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo, yang hadir bersama dengan sejumlah tokoh penting, termasuk Menko Maritim dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan, Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya Bakar, Ketua Komisi XI DPR RI Kahar Muzakir, Ketua Komisi IV DPR RI Sudin, dan Ketua Komisi VI DPR RI Faizol Riza serta jajaran Dewan Komisioner OJK.

Dalam pidatonya, Presiden Jokowi mengucapkan terima kasih kepada OJK, BEI, dan semua pihak yang terlibat dalam peluncuran Bursa Karbon pertama di Indonesia ini. Beliau juga mengungkapkan visi dan keyakinannya bahwa Indonesia, dengan potensi karbon yang besar, dapat menjadi poros karbon dunia dengan komitmen kuat dalam membangun dan menjaga ekosistem karbon di dalam negeri.

Sejalan dengan visi Presiden Jokowi, Kukuh S. Achmad menyatakan bahwa BSN dan KAN berkomitmen mendukung Bursa Karbon Indonesia. Dukungan tersebut mencakup memastikan kualitas Lembaga Verifikasi/Validasi (LV/V) yang telah diakreditasi untuk skema Gas Rumah Kaca (GRK) dan Nilai Ekonomi Karbon (NEK) melalui KAN sesuai dengan amanah Presiden dalam Perpres No. 98 tahun 2021 tentang Penyelenggaraan Nilai Ekonomi Karbon untuk Pencapaian Target Kontribusi yang Ditetapkan Secara Nasional dan Pengendalian Emisi Gas Rumah Kaca dalam Pembangunan Nasional. Kukuh menegaskan, "Tugas KAN adalah memastikan bahwa proses verifikasi/validasi dilakukan sesuai dengan metodologi yang telah ditetapkan serta memastikan kompetensi LV/V sesuai dengan persyaratan standar."

Selain itu, BSN juga akan turut mendukung melalui pengembangan Standar Nasional Indonesia (SNI) yang relevan dengan isu-isu karbon dan lingkungan. Dalam acara ini, Direktur Akreditasi Lembaga Inspeksi dan Lembaga Sertifikasi BSN, Fajarina Budiantari, juga hadir untuk memberikan dukungan penuh dalam upaya menuju pembangunan berkelanjutan di Indonesia melalui pengelolaan karbon yang efisien dan berkelanjutan. Dengan kolaborasi kuat ini, Indonesia memasuki era baru dalam pengelolaan sumber daya karbon, membuktikan peran utama negara dalam menjaga keberlanjutan lingkungan global. (reza-humas)

Galeri Foto: BSN dan KAN Siap Dukung Bursa Karbon Indonesia