Badan Standardisasi Nasional
  • A
  • A

BSN dan KAN Dukung Bursa Karbon Indonesia

  • Selasa, 26 September 2023
  • Humas BSN

Kepala Badan Standardisasi Nasional (BSN) selaku Ketua Komite Akreditasi Nasional (KAN), Kukuh S. Achmad, ikut serta menghadiri peristiwa bersejarah, peresmian Bursa Karbon Indonesia (Indonesia Carbon Exchange) yang diselenggarakan oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) di Gedung Bursa Efek Indonesia (BEI) di Jakarta pada Selasa (26/9/2023). Acara ini menjadi sorotan utama karena diresmikan oleh Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo, yang hadir bersama dengan sejumlah tokoh penting, termasuk Menko Maritim dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan, Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya Bakar, Ketua Komisi XI DPR RI Kahar Muzakir, Ketua Komisi IV DPR RI Sudin, dan Ketua Komisi VI DPR RI Faizol Riza serta jajaran Dewan Komisioner OJK.

Dalam pidatonya, Presiden Jokowi mengucapkan terima kasih kepada OJK, BEI, dan semua pihak yang terlibat dalam peluncuran Bursa Karbon pertama di Indonesia ini. Beliau juga mengungkapkan visi dan keyakinannya bahwa Indonesia, dengan potensi karbon yang besar, dapat menjadi poros karbon dunia dengan komitmen kuat dalam membangun dan menjaga ekosistem karbon di dalam negeri.

Kepala BSN selaku Ketua KAN, Kukuh S. Achmad menegaskan, "Tugas KAN adalah memastikan bahwa proses verifikasi/validasi dilakukan sesuai dengan metodologi yang telah ditetapkan serta memastikan kompetensi LV/V sesuai dengan persyaratan standar."

­