Badan Standardisasi Nasional
  • A
  • A

Kunjungan Kepala BSN ke UPTD Laboratorium Lingkungan DLH Banyuwangi

  • Senin, 29 April 2024
  • Humas BSN
  • 2359 kali

 

Dalam kunjungan kerjanya ke Banyuwangi, Kepala Badan Standardisasi Nasional (BSN), Kukuh S Achmad berkesempatan melakukan kunjungan ke UPTD Laboratorium Lingkungan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Banyuwangi, Banyuwangi, Jawa Timur, pada Jumat (26/4/2024). Dalam kunjungannya, Kukuh yang juga selaku Ketua Komite Akreditasi Nasional (KAN) menyampaikan pentingnya akreditasi untuk memelihara kompetensi sebuah laboratorium.

“KAN memiliki tugas salah satunya memberikan akreditasi kepada laboratorium untuk memastikan kompetensi lembaga penilaian kesesuaian. Sekarang, standar tidak bisa ditawar. Apalagi, Lab LH diwajibkan untuk diakreditasi. Jika tidak diakreditasi oleh KAN, maka tidak akan diregistrasi oleh Kementerian LHK,” ungkap Kukuh.

Kukuh yang didampingi oleh Direktur Akreditasi Lembaga Inspeksi dan Lembaga Sertifikasi BSN, Fajarina Budiantari serta Direktur Sistem dan Harmonisasi Akreditasi BSN, Sugeng Raharjo diterima oleh Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Banyuwangi, Dwi Handajani dan Kepala UPTD Laboratorium Lingkungan DLH Kabupaten Banyuwangi, Ivan Chandra F.Y.

Dwi saat menerima kunjungan menyampaikan ucapan terima kasih atas kunjungan BSN ke laboratorium lingkungan DLH Banyuwangi. “Kunjungan ini memotivasi kami untuk terus melakukan perbaikan-perbaikan. Apalagi, lab lingkungan Banyuwangi sangatlah penting. Karena, di Banyuwangi sendiri banyak menghasilkan air limbah, dan kebutuhan air bersih sangat diperlukan. Sehingga, lab lingkungan sangat diperlukan di wilayah Banyuwangi,” papar Dwi.

Saat ini, laboratorium lingkungan DLH Banyuwangi telah diakreditasi oleh KAN untuk 142 parameter uji dan telah teregister di Kementerian LHK.

Tidak hanya wilayah Banyuwangi saja, Dwi menambahkan, lab DLH Banyuwangi juga melayani daerah lain, seperti Jember, Situbondo, Pasuruan, Bali, Madura, bahkan Maluku (emas). Lab ini juga menjadi percontohan lab yang terstandar di Indonesia. (nda-humas)

 

Galeri Foto : Kunjungan Kepala BSN ke UPTD Laboratorium Lingkungan DLH Banyuwangi