Badan Standardisasi Nasional
  • A
  • A

BSN Sosialisasikan Akreditasi Laboratorium dan SNSU di Lab Indonesia

  • Kamis, 25 April 2024
  • Humas BSN
  • 537 kali

 

Badan Standardisasi Nasional (BSN) ambil bagian dalam Lab Indonesia tahun 2024, dengan membuka booth pameran dan menjadi pembicara dalam beberapa seminar.

Berbagai informasi terkait kelembagaan BSN dan Komite Akreditasi Nasional (KAN), akreditasi, sertifikasi Standar Nasional Indonesia (SNI), serta Standar Nasional Satuan Ukuran (SNSU), dipamerkan dalam booth BSN/KAN yang berlangsung pada tanggal 24 April hingga 26 April 2024 di Hall B, Jakarta Convention Center, Jakarta.

Selain pameran, BSN juga ambil bagian dalam kegiatan Seminar yang dimulai pada tanggal 24 April 2024.

Peneliti Muda Direktorat Standar Nasional Satuan Ukuran Termoelektrik Kimia BSN, Harry Budiman menjadi salah satu pembicara pada seminar Analisis Impurities Gas dalam Gas Murni pada Pengembangan Standar Campuran Gas (CRM) di SNSU BSN & GC-2030 dengan BID dan FID Jetanizer untuk Trace Analysis.

Kemudian, di tanggal yang sama, Plt. Deputi Bidang Akreditasi BSN, Donny Purnomo J.A juga menjadi pembicara pada seminar “Strategi Standarisasi Nasional untuk Produk Lokal Alat Sampling Udara”.

Deputi Bidang Pengembangan Standar BSN, Hendro Kusumo membuka acara (Opening Speech) pada seminar berjudul Mewujudkan Lingkungan Kerja yang aman Perspektif berbagai Pemangku Kepentingan tentang tantangan dan Solusi K3. Seminar ini diselenggarakan oleh Masyarakat Standardisasi Indonesia (MASTAN) pada 25 April 2024.

Peran aktif BSN dalam Lab Indonesia berlanjut pada tanggal 26 April 2024 dimana 4 pembicara dari BSN akan mengisi Seminar.

Wahyu Purbowasito akan menjadi salah satu pembicara pada Conference berjudul Ensuring Conformity Assesment : The Vital Role Of Laboratoriy And Its Design in Urban Area.

Kemudian, seminar yang khusus diselenggarakan oleh BSN berjudul Sosialisasi Panduan Pemilihan dan Penggunaan Bahan Acuan serta Launching Produk Bahan Acuan Bersertifikat SNSU BSN (IDNRM).

Pada Seminar ini akan membicarakan tentang Standar Nasional Satuan Ukuran (SNSU). Dari tentang peranan SNSU BSN sebagai Lembaga Metrologi Nasional yang mengelola SNSU, kebutuhan ketertelusuran pengukuran/pengujian kimia, pengenalan panduan Pemilihan dan Penggunaan Bahan Acuan Untuk Pengukuran dan Pengujian Kimia, serta pengenalan IDNRM dan uji profisiensi Kimia berbasis akurasi oleh SNSU Kimia BSN.

Sebagai pembicara seminar, Direktur SNSU Termoelektrik dan Kimia BSN Ghufron Zaid, Metrolog Ahli Utama BSN Hastori, serta Koordinator Kelompok Substansi SNSU Kimia Dyah Styarini.

 

BSN Aktif Dalam Pameran Lab Indonesia

Pameran Lab Indonesia diselenggarakan pada tanggal 24 hingga 26 April 2024 di Hall A dan B, Jakarta Convention Center, Jakarta. Direktur Standar Nasional Satuan Ukuran Mekanika, Radiasi, dan Biologi BSN Wahyu Purbowasito bersama dengan Dirjen EBTKE Kementerian ESDM Eniya Listiani Dewi dan Event Director PT Pamerindo Indonesia Juanita Soerakoesoemah, membuka pameran Lab Indonesia pada tanggal 24 April 2024.

Pameran Lab Indonesia sendiri diselenggarakan setiap 2 tahun sekali. Diadakan secara bergantian dengan Lab Asia, Lab Indonesia  merupakan salah satu pameran laboratorium terdepan di Asia Tenggara, yang sangat berfokus pada perlengkapan laboratorium dan instrument ilmiah dari berbagai industri termasuk farmasi dan obat-obatan, F & B, Migas, serta ilmu biologi dan nano.

Pameran Lab Indonesia tahun ini merupakan penyelenggaraan untuk yang ke-7 kalinya. Penyelenggaraan Lab Indonesia bertujuan untuk mempertemukan pelaku industri di bidang laboratorium ilmiah dan saintifik seperti ahli kimia, ahli biokimia, ahli mikro biologi, analis, peneliti R and D, manajer Lab dan manajer QC, pada platform yang penuh sumberdaya.

Lab Indonesia menyediakan jalan strategis untuk para peserta pameran dari berbagai negara untuk memamerkan produk terbaru mereka, pengembangan teknologi dan perlengkapan untuk laboratorium.

Dalam struktur organisasi BSN, terdapat Direktorat Akreditasi Laboratorium dan Kedeputian Standar Nasional Satuan Ukuran (SNSU). “Momentum ini menjadi sangat tepat untuk mensosialisasikan kegiatan standardisasi dan penilaian kesesuaian terutama yang berkaitan dengan laboratorium dan SNSU,”ujar Wahyu.

Oleh karenanya, BSN sangat mendukung kegiatan dalam Lab Indonesia melalui pameran dan seminar untuk mensosialisasikan informasi strategis terbaru terutama yang berkaitan dengan laboratorium dan SNSU.

“Kegiatan Lab Indonesia cukup mendapatkan dukungan dan animo yang luar biasa dari peserta pameran dan pengunjung. Ini terbukti banyaknya industri di bidang laboratorium menjadi peserta pameran, juga panitia menyelenggarakan berbagai judul seminar, ditambah dengan animo pengunjung yang luar biasa,”pungkas Wahyu. (DNW-Humas)

 
Galeri Foto: BSN Aktif Dalam Pameran LabIndonesia




­