Badan Standardisasi Nasional
  • A
  • A

Kepala BSN Apresiasi Kinerja UPT PMP2KP Banyuwangi

  • Senin, 29 April 2024
  • Humas BSN
  • 2042 kali

Kepala Badan Standardisasi Nasional (BSN), Kukuh S Achmad melakukan kunjungan ke UPT Pengujian Mutu Dan Pengembangan Produk Kelautan Dan Perikanan (PMP2KP) Kabupaten Banyuwangi, Banyuwangi, Jawa Timur, pada Jumat (26/4/2024). Dalam kunjungannya yang didampingi, Direktur Akreditasi Lembaga Inspeksi dan Lembaga Sertifikasi BSN, Fajarina Budiantari serta Direktur Sistem dan Harmonisasi Akreditasi BSN, Sugeng Raharjo, Kukuh mengapresiasi kinerja UPT PMP2KP Kabupaten Banyuwangi.

“Saya sangat bangga, karena laboratorium ini sudah lama menerapkan standar persyaratan kompetensi sebagai laboratorium pengujian produk perikanan dan menerapkan standar persyaratan kompetensi untuk lembaga sertifikasi produk. Itu artinya UPT PMP2KP sudah diakreditasi oleh Komite Akreditasi Nasional (KAN),” ujar Kukuh.

Selain itu, lanjut Kukuh, UPT PMP2KP juga memberikan layanan kepada masyarakat untuk memastikan keamanan dan mutu dari produk perikanan terutama yang dihasilkan dari wilayah Banyuwangi dan sekitarnya. Seperti, ikan tuna, sarden kaleng, udang beku dan sebagainya.

Pelayanan kepada pelaku usaha perikanan terus meningkat, hal ini disampaikan oleh Kepala UPT PMP2KP, Eko Wahyu Hidayat yang menerima rombongan dari BSN. Atas capaian ini Kukuh mengapresiasi kinerja UPT PMP2KP.

“Kebanyakan aktivitas laboratorium lain kecenderungannya menurun. Namun demikian, Lab UPT PMP2KP meningkat. Pada tahun 2023, target jumlah produk/sampel yang dilayani berjumlah 1600an, tetapi disini melebihi target yakni mencapai 4000an sampel/produk selama setahun. Ini membuktikan, lab UPT PMP2KP memberikan pelayanan yang sangat prima kepada masyarakat untuk unit pengelolaan ikan di Banyuwangi dan sekitarnya,” papar Kukuh.

Tidak hanya itu, dengan peralatan Lab UPT PMP2KP yang sudah mengikuti perkembangan teknologi baik di bidang kimia maupun mikrobiologi, Kukuh berharap pelayanan kepada masyarakat pada unit pengolahan ikan semakin meningkat dan dapat dilakukan dengan baik. Dalam arti, waktu proses uji tidak terlalu lama sehingga tidak berdampak pada tertundanya proses ekspor ataupun distribusi produk ke pasar domestik di Indonesia. (nda-humas)

 

Galeri Foto : Galeri Foto Kepala BSN Apresiasi Kinerja UPT PMP2KP Banyuwangi