Badan Standardisasi Nasional
  • A
  • A

BSN Terima Kunjungan Delegasi Kedutaan Prancis

  • Rabu, 24 April 2024
  • Humas BSN
  • 434 kali

Badan Standardisasi Nasional (BSN) menerima delegasi dari Kedutaan Prancis untuk Indonesia yang datang dalam rangka mengenal lebih dalam mengenai tugas, fungsi, dan peranan strategis BSN, serta proses sertifikasi SNI. Delegasi Prancis yang dipimpin oleh Sylvain Biard ini diterima secara langsung oleh Direktur Penguatan Penerapan Standar dan Penilaian Kesesuaian BSN, Nur Hidayati pada Jum’at (19/4/2024) di Kantor BSN, Jakarta.

Delegasi terdiri dari Deputy Head of the Economic Department Kedutaan Prancis untuk Indonesia, Pauline Leduc serta Business Development Executive Industries & Cleantech Business France Indonesia, Nila Auriga.

Sylvain Biard mengungkap keingintahuannya bagaimana BSN menjalankan peranannya dalam membantu pelaku usaha termasuk UMKM dalam mendapatkan sertifikasi produk sesuai Standar Nasional Indonesia (SNI), serta berkaitan mekanisme dan persyaratan SNI untuk perusahaan Prancis yang akan masuk Indonesia.

Pihaknya juga menyampaikan pertanyaan terkait apa saja yang termasuk SNI Wajib dan SNI Sukarela; hingga perjalanan atau milestone penerapan SNI di Indonesia.

Dalam kesempatan tersebut, Nur Hidayati menjelaskan bahwa BSN merupakan Lembaga Pemerintah Non Kementerian (LPNK) yang diberikan tugas oleh Pemerintah untuk membina dan mengkoordinasikan seluruh kegiatan standardisasi dan penilaian kesesuaian. 

“BSN juga membantu memfasilitasi pelaku usaha, khususnya UMKM untuk masuk pasar global termasuk ke Prancis, melalui forum ini kita bisa mendapatkan informasi regulasi persyaratan negara tujuan ekspor untuk masuk negara Prancis, baik produk makanan, medical devices, furnitur, dll,” terang Nur Hidayati.

Sylvain Biard menyampaikan bahwa persyaratan regulasi untuk masuk pasar Prancis sama dengan secara keseluruhan untuk pasar Eropa yang akan ditindaklanjuti dengan memberikan informasi yang relevan.

Melalui audiensi ini, Kedutaan Prancis untuk Indonesia memberikan apresiasi kepada BSN yang secara konsisten berkontribusi terhadap pertumbuhan perdagangan Indonesia – Prancis melalui kegiatan standardisasi dan penilaian kesesuaian.

Dengan adanya pertemuan ini, tercipta komitmen kolaborasi aktif yang menjadi langkah awal untuk berkontribusi pada pertumbuhan ekonomi; peningkatan kualitas produk hingga memperluas kesempatan ekspor yang berkelanjutan bagi pelaku usaha Indonesia – Prancis. (PPSPK/Red: PjA – Humas)

 




­