Badan Standardisasi Nasional
  • A
  • A

SNSU-BSN berperan serta dalam Asia Pacific Rapid Diagnostic Toolkit Kick-off Workshop

  • Rabu, 30 Juni 2021
  • Humas BSN
  • 397 kali

 

Laboratorium Standar Nasional Satuan Ukuran – Badan Standardisasi Nasional (SNSU-BSN) berpartisipasi aktif dalam kegiatan Rapid Diagnostic Toolkit Kick-off Workshop yang diselenggarakan secara bersama-sama oleh Lembaga Metrologi Nasional Jerman, PTB, organisasi metrologi ilmiah regional  (Asia Pacific Metrology Program-APMP) dan organisasi metrologi legal regional (Asia Pacific Legal Metrology Forum -APLMF) pada tanggal 29 Juni 2021.

Rapid Diagnostic Toolkit merupakan sebuah aplikasi yang disusun oleh World Bank bersama dengan PTB yang dapat digunakan untuk mengetahui kondisi terkini suatu lembaga metrologi nasional (LMN) berdasarkan 4 (empat pilar utama) yang peru dibangun oleh sebuah LMN) berdasarkan best practice secara internasional. Dengan mengetahui kekuatan dan kelemahannya diharapkan LMN dapat meningkatkan kemampuannya secara tepat sesuai dengan sumber daya yang dimilikinya dan dapat bekerja sama dengan LMN lainnya di Asia Pasifik yang memiliiki kebutuhan yang sama.

Dalam acara yang dibuka oleh Koordinator Kerja Sama Internasional Asia PTB, Katja Lamich, Direktur SNSU Termolektrik dan Kimia BSN, Ghufron Zaid, hadir sebagai salah satu nara sumber yang berbagi pengalaman dalam menggunakan Rapid Diagnostic Toolkit tersebut untuk mengetahui kondisi terkini Laboratorium SNSU-BSN sebagai LMN Indonesia.

Workshop ini dihadiri oleh 40 peserta dari 21 negara anggota APMP dan APLMF, termasuk Direktur SNSU Mekanika, Radiasi dan Biologi BSN, Probo Drijarkara dan Kepala Laboratorium SNSU Akustik dan Vibrasi BSN, Denny Hermawanto.

Setiap LMN akan diminta untuk menggunakan Rapid Diagnostic Toolkit tersebut sebagai dasar untuk mendapatkan bantuan peningkatan kemampuan dari PTB, Jerman. (Dit.SNSU TK/ed:Humas)