Badan Standardisasi Nasional
  • A
  • A

Mulai 2020 Palembang Ekspor Pempek ke Malaysia

  • Selasa, 26 November 2019
  • KLT Palembang
  • 817 kali

Kesepakatan itu ditandatangani Sabtu lalu (23/11) antara Pempek Honey dan Pempek Lenggok/Beringin dengan Malindo Business Cultural Center (MBCC) di Wisma Malindo MBCC di Taman Connaught (30 menit dari KLCC), Kuala Lumpur, Malaysia. Malindo Business Cultural Center (MBCC), organisasi pengusaha yang berbasis di Kuala Lumpur.

 

Berdasarkan informasi yang didapat melalui pesan singkat WA dan instagram, Palembang akan ekspor pempek ikan rebus beku ke Malaysia melalui jaringan pemasaran atau pengusaha anggota MBCC. Disepakati mulai tahun 2020 akan dikirim 13 kontainer pempek.

 

Pempek Honey yang diproduksi oleh Helis Soleha adalah salah satu dari tiga pempek pertama yang sertifikasi SNI seri 7661:2013, sejak tahun 2018, sudah tersertifikasi halal, dan HACCP. Pempek Lenggok/Beringin diproduksi oleh CV Pesona Musi kini sedang proses sertifikasi, audit dan pengujian sudah selesai dan sudah aman. Sertifikat Kesesuaian SNI ditargetkan selesai bulan ini.

 

Badan Standardisasi Nasional, melalui KLT wilayah Palembang memberikan fasilitasi penerapan standar, regulasi, pengujian dan sertifikasi. Ini bukan kerja sendirian, hasil kerja bersama dengan Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Sumatera Selatan, Stasiun Karantina Ikan Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan Palembang, BPOM Palembang, LPPOM MUI Sumatera Selatan, LSPro BBP2HP Kementerian Kelautan dan Perikanan RI, serta Komite Ekonomi Kreatif Kota Palembang. Saat ini juga salah satu UKM Binaan BSN sedang persiapan penjajagan ekspor produk kerupuk ikan ke Singapura.

 

Semoga dengan kabar gembira ini awal mimpi Pempek dan olahan ikan khas Palembang mendunia segera terwujud. Bagi pelaku usaha pempek yang lainnya bisa termotivasi untuk menerapkan standar, baik produk maupun proses produksi yang higienis dan berkualitas. Salah satunya melalui penerapan seri SNI 7661:2013 (Pempek Ikan Rebus Beku).

 

Bagi masyarakat konsumen menjadi lebih sadar dan bangga terhadap kuliner tradisional Pempek yang sehat, enak dan lebih bergizi dari sosis ini. Selain bermanfaat secara ekonomi, pempek juga bisa jadi senjata mengatasi salah satu masalah utama yang dihadapi bangsa ini, stunting. (kltplm)



Basni

Ada tanggapan lebih lanjut?

Lapor
Hotline 021 392-7422 Whatsapp 0813 802 2930
Email bsn@bsn.go.id E-Pengaduan SIPMAS

Klik LAPOR untuk Pengaduan Masyarakat