Badan Standardisasi Nasional
  • A
  • A

Pelanggaran Helm SNI Ditindak

  • Rabu, 01 Februari 2012
  • 885 kali
Kliping Berita

BALIKPAPAN- Kawasan Balikpapan Barat terus menjadi sorotan terkait banyaknya pengendara sepeda motor yang menyepelekan keselamatan tanpa memakai helm standard saat mengendarai motor . Sering terlihat pengendaran tak menggunakan helm dan berboncengan lebih dari dua orang. Sat Lantas Polres Balikpapan melakukan razia tertib lalu lintas untuk mendisplinkan pengendaran kendaraan bermotor dan memberikan efek jera.

Dari pantauan Balikpapan Pos, di kawasan Lapangan Foni, Kebun Sayur, Balikpapan Barat Senin (30/1) kemarin, banyak masyarakat yang tak menggunakan helm SNI dengan alasan, jarak yang ditempuhnya tidak sampai ke dalam kota. Terbukti dengan banyaknya pengendara yang terjaring razia.

Kasat Lantas Polres Balikpapan AKP Sigit Ariwimbawan didampingi Kanit Patroli Iptu Syahroni menegaskan, razia hunting (bergerak) yang dilakukan pihaknya terhadap pengendara sepeda motor yang tidak mengenakan helm, akan terus dilakukan hingga masyarakat benar-benar sadar.
“Pemicu utama kecelakaan adalah tidak adanya penggunaan helm, harus benar benar sadar akan pentingnya penggunaan helm,” tegas Sigit.

Razia ini bertujuan menyadarkan masyarakat dan menghilangkan kebiasaan tidak memakai helm saat mengendarai sepedamotor.  “Pemakaian helm ini juga bertujuan untuk mengurangi risiko yang sangat fatal, bahkan mengurangi tingkat kematian saat terjadi kecelakaan lalu lintas,” kata Syahroni.

Dia juga mengimbau seluruh masyarakat yang mengendarai sepedamotor agar mematuhi rambu-rambu lalu lintas serta memperhatikan kelengkapan kendaraannya. “Jika masyarakat tidak mematuhi peraturan lalu lintas, maka  akan merugikan diri sendiri. Saat ini, dilakukan razia hunting di titik-titik yang rawan kecelakaan,” jelasnya.(noq)

Sumber : Balikpapanpos.com, Selasa 31 Januari 2012




­