Badan Standardisasi Nasional
  • A
  • A

Pemerintah Siapkan SNI Plastik Kemasan

  • Senin, 27 Juni 2011
  • 1753 kali
Kliping Berita

Ade Irawan - detikFinance

Purwakarta - Pemerintah berjanji akan mendukung pengembangan industri plastik yang ramah lingkungan dan aman bagi kesehatan. Diantaranya melalui Standar Nasional Indonesia (SNI) khusus bagi produk plastik kemasan.

Demikian disampaikan Menteri Perindustrian MS. Hidayat di depan wartawan ketika berkunjung ke Pabrik PT Indopoly Swakarsa di daerah Purwakarta, Jawa Barat, Senin (27/6/2011).

"Mengarahkan pengembangan industri pada produk yang ramah lingkungan, termasuk pengembangan produk plastik berbahan baku sumber terbarukan dan aman bagi kesehatan manusia," ujarnya.

Untuk mendukung hal tersebut, Hidayat menejelaskan akan memberikan beberapa program untuk mengembangkan industri nasional. Seperti peningkatan kapasitas produksi, perluasan maupun investasi baru, dan pemberian insentif seperti tax allowance dan tax holiday.

Hidayat menambahkan, pemerintah akan juga menerapkan standar untuk produk plastik kemasan sebagai perlindungan dari produk impor.

"Penerapan SNI untuk melindungi industri nasional terhadap serbuan produk impor dan melindungi masyrarakat dari aspek keamanan dan kesehatan," katanya

Presiden Direktur PT Indopoly Swakarsa Industri Tbk Henry Halim ditempat yang sama mengatakan sebagai perusahaan nasional, pegawai yang bekerja di pabrik PT Indopoly Swakarsa merupakan orang Indonesia. Saat ini, hanya ada beberapa orang asing dari Jerman yang hanya sementara melakukan pemantauan mesin.

"Semua orang Indonesia. 100% orang Indonesia. Tidak ada orang asing yang bekerja di sini. Saat ini ada orang dari Jerman, tapi itu cuma ngecek dan make sure mesinnya berjalan dengan baik," tambahnya.(ade/hen)

Sumber : detik.com, Senin 27 Juni 2011.
Link : http://finance.detik.com/read/2011/06/27/152659/1669568/1036/pemerintah-siapkan-sni-plastik-kemasan




­