Badan Standardisasi Nasional
  • A
  • A

BSN Berikan Edukasi SNI kepada Siswa SMP IT Bina Bangsa Sejahtera

  • Senin, 07 Oktober 2024
  • Humas BSN
  • 111 kali

Badan Standardisasi Nasional (BSN) terus melakukan berbagai upaya untuk memberikan pemahaman dan pengetahuan kepada masyarakat tentang Standar Nasional Indonesia (SNI), salah satunya adalah di kalangan anak-anak atau pelajar. Kali ini, BSN melakukan diseminasi dengan memberikan edukasi SNI melalui edugames di SMP IT Bina Bangsa Sejahtera (BBS) Bogor pada Jumat (4/10/2024).

Direktur Penguatan Penerapan Standar dan Penilaian Kesesuaian BSN, Nur Hidayati dalam sambutannya mengatakan bahwa BSN hadir di SMP IT BBS ini untuk mengenalkan SNI kepada siswa-siswi secara lebih luas. “Kami berharap nantinya siswa bisa lebih mengenal SNI, dan menjadikan SNI sebagai pertimbangan dalam memilih produk, atau bahkan ketika siswa belajar kewirausahaan dapat menerapkan SNI pada produk yang dihasilkannya,” tutur Nur.

Nur juga menjelaskan tentang pentingnya menerapkan SNI untuk suatu produk. Ia mengatakan, ketika kita ingin menerapkan suatu standar dan membuktikan bahwa produk itu memenuhi standar, kita bisa membuktikan salah satunya dengan pengujian karena ada persyaratan yang harus dipenuhi oleh suatu produk untuk menjamin kualitasnya.

Sementara itu, Kepala SMP IT BBS, Syabar Suwardiman mengucapkan terima kasih kepada BSN yang telah hadir ke SMPIT BBS. Syabar mengatakan bahwa edukasi SNI ini perlu dilakukan untuk menanamkan pemahaman kepada peserta didik betapa pentingnya standar ini, yang memberikan perlindungan kepada konsumen dan produsen agar produk-produk yang dihasilkan oleh produsen itu mampu melindungi konsumen.

Syabar juga mengungkapkan bahwa diseminasi SNI ini sejalan dengan tema kewirausahaan dalam kegiatan P5 (Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila) yang ada di SMP IT BBS. Menurutnya, di SMP IT BBS ini telah beberapa kali membuat produk karya siswa, seperti KirKlin (pembersih lantai dan sabun cuci piring), Briket Arang Daun, dan Pupuk Tanaman melalui pengolahan sampah limbah dapur dengan memanfaatkan magot.

"Harapannya, produk ini dapat mendapatkan bimbingan untuk menerapkan SNI dan mendapatkan sertifikasi SNI sehingga kualitasnya terjamin, dan semakin meningkatkan semangat peserta didik untuk terus berkarya dan mengasah jiwa enterpreneur,” jelasnya.

Penyampaian materi tentang SNI yang disertai edugames dengan aplikasi digital mendapat sambutan sangat baik dari para siswa SMP IT BBS. Para peserta didik menunjukkan antusiasme yang luar biasa dan aktif mengajukan berbagai pertanyaan.

Dalam kesempatan ini juga dilakukan penandatanganan Perjanjian Kerja Sama (PKS) antara SMP IT Bina Bangsa Sejahtera Bogor dan Direktorat Penguatan Penerapan Standar dan Penilaian Kesesuaian BSN tentang Diseminasi SNI kepada Anak-anak Sekolah di SMP IT Bina Bangsa Sejahtera Bogor. PKS ditandatangani oleh Kepala SMP IT Bina Bangsa Sejahtera Bogor, Syabar Suwardiman dengan Direktur Penguatan Penerapan Standar dan Penilaian Kesesuaian BSN, Nur Hidayati.

Melalui PKS ini mereka menyepakati untuk melakukan Edukasi SNI melalui Edugames kepada siswa/i SMP IT BBS dalam meningkatkan kesadaran akan pentingnya SNI, melakukan pendampingan penerapan SNI, dan juga peningkatan kompetensi bagi tenaga pendidik terkait standardisasi dan penilaian kesesuaian.(tyo-humas)

 

Galeri Foto: BSN Berikan Edukasi SNI kepada Siswa SMP IT Bina Bangsa Sejahtera