Badan Standardisasi Nasional
  • A
  • A

Pemenang Olimpiade Metrologi 2024 Terima Hadiah Total Senilai 150 Juta Rupiah

  • Jumat, 04 Oktober 2024
  • Humas BSN
  • 772 kali

Badan Standardisasi Nasional (BSN) bersama dengan PT Kawan Lama Solusi dan PT Mitutoyo Indonesia menyerahkan hadiah berupa seperangkat alat ukur kepada tiga perguruan tinggi yang mahasiswanya menjadi pemenang dalam Olimpiade Metrologi 2024. Penyerahan hadiah berlangsung pada 1 hingga 3 Oktober 2024 kepada Politeknik ASTRA Cikarang, Akademi Komunitas Toyota Indonesia Karawang, dan Jakarta Global University Depok.

Deputi Bidang Standar Nasional Satuan Ukuran (SNSU) BSN Kristianto Widiwardono yang hadir pada penyerahan hadiah kepada Jakarta Global University, pada Rabu (03/10/2024), mengungkapkan rasa bangganya kepada para pemenang. Menurut Kristianto, salah satu tujuan kompetisi ini adalah menemukan mahasiswa berbakat di bidang metrologi serta menjembatani dunia kampus dengan industri.

“Saya berharap dengan kompetisi ini lulusan dari perguruan tinggi sudah semakin melek terhadap bidang metrologi. Di sisi lain, dunia industri yang membutuhkan ahli metrologi dapat menyerap lulusan dari kampus yang berkompeten ini. Ini akan bermuara pada kemampuan pengukuran di Indonesia yang semakin kuat dan dapat diandalkan untuk mendukung standardisasi dan penilaian kesesuaian,” ujar Kris.

Pada Agustus lalu, BSN bekerja sama dengan PT Kawan Lama Solusi dan PT Mitutoyo Indonesia telah sukses menyelenggarakan Olimpiade Metrologi 2024 untuk Kategori Universitas dan Politeknik. Setelah melalui babak penyisihan yang diikuti oleh 92 mahasiswa dari 52 Universitas dan Politeknik dari seluruh Indonesia serta babak final berupa uji praktik pengukuran yang diikuti oleh 16 finalis, tiga anak muda berbakat tampil sebagai yang terbaik.

Adapun juara Olimpiade Metrologi 2024 Kategori Universitas dan Politeknik adalah sebagai berikut:

  • Juara I: Rangga Aditya Sugiarto dari Politeknik ASTRA
  • Juara II: Baharudin Yusuf Muhammad dari Akademi Komunitas Toyota Indonesia
  • Juara III: Risma Meutia Putri dari Jakarta Global University

Ketiga pemenang berhak atas hadiah berupa uang tunai, kesempatan mengikuti pelatihan Geometric Dimensioning and Tolerancing (GD&T) di Mitutoyo Singapore, serta seperangkat alat ukur dimensi untuk kampus pemenang.

Selain Kategori Universitas dan Politeknik, Olimpiade Metrologi 2024 juga diadakan untuk Kategori Industri. Ketiga pemenang pada kategori industri mendapatkan hadiah berupa uang tunai serta pelatihan Geometric Dimensioning and Tolerancing (GD&T) di Mitutoyo Singapore. (dnh)

Galeri Foto: Pemenang Olimpiade Metrologi 2024 Terima Hadiah Total Senilai 150 Juta Rupiah