Badan Standardisasi Nasional
  • A
  • A

Perdana di Indonesia, Produk Timbangan Berat Badan Raih SPPT SNI

  • Sabtu, 05 Oktober 2024
  • Humas BSN
  • 84 kali

Badan Standardisasi Nasional (BSN) menyerahkan Surat Persetujuan Penggunaan Tanda Standar Nasional Indonesia (SPPT SNI) kepada dua perusahaan produsen timbangan, yaitu PT Meditronik Hospilab Indonesia dan PT Sinko Prima Alloy pada Kamis (03/10/2024), di Jakarta. Masing-masing perusahaan berhasil mendapatkan SPPT SNI untuk dua jenis produk timbangannya. Penyerahan ini merupakan pencapaian perdana di Indonesia untuk produk timbangan bayi, balita, anak, dan dewasa yang memenuhi SNI.

Kepala BSN, Kukuh S. Achmad, dalam sambutannya menyampaikan harapannya agar kedua perusahaan ini menjadi role model bagi pelaku usaha lain di sektor alat kesehatan. "Kami berharap PT Meditronik Hospilab Indonesia dan PT Sinko Prima Alloy terus menjaga komitmennya dalam memproduksi timbangan berkualitas dengan penerapan SNI," ujar Kukuh.

Penerapan SNI, lanjut Kukuh, memberikan kontribusi penting dalam melindungi masyarakat dari aspek kesehatan, keamanan, keselamatan, serta pelestarian lingkungan hidup. Produk timbangan yang memenuhi syarat mutu dapat melindungi konsumen, meningkatkan daya saing, dan bahkan memungkinkan produk Indonesia berkompetisi di pasar global.

Produk timbangan bayi yang dihasilkan mengacu kepada SNI 16-6646-2002 Spesifikasi timbangan bayi, sedangkan timbangan balita anak dewasa mengacu kepada SNI 16-6655-2002 Spesifikasi timbangan balita, anak dan dewasa.

Acara penyerahan SPPT SNI yang digelar bersamaan dengan kegiatan Seminar Pengujian Elektro Magnetic Compatibility (EMC) dalam Mendorong Peningkatan Kualitas Alat Kesehatan Dalam Negeri (AKD) oleh Balai Pengamanan Alat dan Fasilitasi Kesehatan (BPAFK) Jakarta ini, turut dihadiri oleh Sekretaris Direktorat Jenderal Kefarmasian dan Alat Kesehatan Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, Heri Radison.

Dalam kesempatan itu, 2 produk timbangan ber-SNI tersebut dipamerkan yaitu merk ENDO yang diproduksi oleh PT. Meditronik Hospilab Indonesia. Sementara itu, PT. Sinko Prima Alloy memamerkan produknya dengan merk ELITECH.

Penyerahan SPPT SNI ini merupakan langkah nyata dari BSN dalam mendukung peningkatan kualitas alat kesehatan dalam negeri. Dengan terus mendorong penerapan SNI di sektor kesehatan, BSN berkomitmen untuk melindungi konsumen dan meningkatkan daya saing industri nasional. (SPSPK & PjA – Humas)

 

Galeri Foto: Perdana di Indonesia, Produk Timbangan Berat Badan Raih SPPT SNI